Disiplin Prokes, Deteksi Dini Dan Vaksinasi Kunci Antisipasi Gelombang 3

Dibaca: 117 kali
Sahri Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Lombok Timur/foto sidakpost.id (Ragil)

SIDAKPOST.ID, LOMBOK TIMUR – Kasus Covid-19 di Lombok Timur kian menunjukkan angka penurunan dari hari ke hari. Meski demikian, perkembangan Covid-19 di dunia semakin hari terus berkembang dimana adanya mutasi yang tengah mengancam keselamatan.

Menanggapi hal tersebut kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur menyampaikan, setidaknya ada 3 hal untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19 yaitu dengan peningkatan Protokol Kesehatan (Prokes) dan deteksi dini yakni tracking,Testing,Treatmen serta vaksinasi.

“Yang pasti tentunya tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan agar kita tidak menyusul lonjakan ketiga dalam beberapa bulan ke depan,”kata Dr.Pathurman kepada sidakpost.id, Senin (11/10/ 2021).

Pathurman menambahkan, Kesiapan Rumah Sakit untuk mengantisipasi gelombang 3 Covid-19 juga sangat siap, mengingat hingga sampai saat ini Tingkat keterisian rumah sakit di Kabupaten Lombok Timur, sudah turun drastis seiring menurunnya angka kasus penyebaran Covid-19.

“Rumah Sakit yang sudah disediakan sangat siap menghadapi gelombang 3 Covid-19,”katanya.

Lebih jauh Pathurman menyampaikan, Pada bulan September ini tersisa 20 pasien Covid-19 di Lombok Timur yang masih dirawat, sementara untuk target vaksinasi di angka 18% dan akan terus dimasipkan dalam rangka membentuk herd immunity.

“Memang hingga saat ini pasien Covid-19 tinggal 20, sementara capaian vaksinasi baru 18 persen,”tutupnya. (gil)

ADVERTISEMENT