Serda Salhutni, Wariskan Kelestarian Sungai Kepada Generasi Mendatang

Dibaca: 99 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Sumber air bersih seperti sungai maupun hutan harus terus dijaga dan dilestarikan, karena air merupakan sumber kehidupan yang harus dikelola dan digunakan secara tepat guna.

Sangat ironis pada saat sekarang ini banyak kondisi sungai sudah terancam dengan adanya pencemaran limbah rumah tangga, pabrik, pembuangan sampah dan abrasi pengikisan tebing sungai.

Diharapkan kondisi sungai asri dan bersih, sehingga potensi sumber air dan ikannya dapat dimanfaatkan oleh orang banyak atau masyarakat, bahkan bisa diwariskan kepada generasi yang akan datang.

Hal tersebut dikatakan oleh Babinsa Serda Salhutni Koramil 416-07/Rimbo Bujang pada saat mengecek kondisi sungai alai, dijalan Malabar Desa Sukamaju Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo, Selasa (11/08/2020).

Babinsa Serda Salhutni juga mengatakan, bahwa kewajiban warga masyarakat Sukamaju untuk mengawasi dan ikut menjaga ke asrian serta kelestarian sungai, karena Suka Maju Rimbo Ulu terdapat aliran sungai alai.

“Dilarang mencari ikan di sungai atau danau dengan cara meracun menggunakan zat kimia, jangan menyetrum dan jangan mendompeng emas di sungai, karena pelakunya dapat dipenjara serta denda uang, jangan membuang sampah di sungai berakibat fatal bisa menimbulkan bencana alam banjir,” kata Serda Salhutni.

Ketua RT jalan malabar Sukamaju
Sadikun menyebutkan, bahwa di jalurnya sudah dibuat tanggul untuk
menahan luapan air sungai alai apa bila terjadi banjir.

“Terima kasih kepada bapak Babinsa yang sudah mengingatkan kepada warga Sukamaju, untuk bersama-sama menjaga kelestarian sungai alai,” pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT