Budidaya Tanaman Salak Pondo, Usaha Yang Prosfek Menjanjikan

Dibaca: 148 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Kelompok Tani (Poktan) Margo Utomo di Desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, sejak 21 tahun yang lalu telah mengembangkan dan menekuni budidaya tanaman Salak Pondo, sebagai tanaman unggulan Kelompok, disamping tanaman perkebunan yang ada seperti karet dan sawit.

Tanaman Salak Pondo ini telah berkembang di areal pekarangan rumah Jalan Merpati Sapta Mulia sebagai ikon Kelompok Tan, jenis Salak yang di kembangkan adalah Jenis Salak Pondo yang berasal dari Pulau Jawa yaitu Jogja.

Salak Pondo memiliki rasa cukup manis kendatipun dipanen saat buah Salak Pondo masih muda, beberapa petani yang eksis mengembangkan tanaman ini diantaranya pak Hariadi dengan luas kebun 1/4 hektare dan pRk Rahmat dengan luas kebun 1/8 hektar dan masih banyak lagi petani Salak Pondo di Sapta Mulia.

menurut pengakuan petani Salak Pondo yang ada di Sapta Mulia Rimbo Bujang, tanaman Salak Pondo yang dikelolanya mampu untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Sehingga hasil tanaman pokok seperti karet dapat digunakan untuk biaya yang lainnya

Menurut penulis yang juga selaku pembina Poktan Karya Tani di Sapta Mulia, bahwa Budidaya Tanaman Salak Pondo perlu terus dikembangkan lebih luas oleh masysrakat. sehingga mampu memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat.(**)

PENULIS : Kukuh Purwono, S,Pd,I , Pembina Poktan Karya Tani Desa Sapta Mulia Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo.

ADVERTISEMENT