Poskes Dim Dampingi Dansatgas Pantau Kebersihan Lingkungan

Dibaca: 106 kali

SIDAKPOST.ID, Merangin – Di balik giat sasaran fisik yang dikerjakan oleh Satgas TMMD Ke 111 Kodim 0420/Sarko, terlihat Dansatgas Letkol Inf Tomi melihat secara langsung kondisi kebersihan lingkungan warga di lokasi TMMD.

Peninjauan kebersihan lingkungan juga didamlingi oleh, Darmalis PNS Poskes Dim 02.10.14 Bangko. Dengan sasaran di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin, Jambi, pada Minggu (11/07/2021).

Darmilis menjelaskan, peran dari poskes sendiri dalam progran TMMD ini, yakni tentang kesehatan dan kebersihan yang ada di lokasi sasaran TMMD. Jadi poskes benar-benar menjalanakan tugas sesuai tupoksi yang ada.

“Seperti kegiatan penyuluhan kesehatan, sunatan/khitan serta pengobatan gratis kepada warga serta pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan secara berkala mengecek kesehatan anggota satgas di lapangan,”ucapnya.

Di sisi lain, pihaknya juga mempasilitasi kesehatan laiannya seperti Puskemas, Bidan Desa, sampai pada tingkat Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin dalam memberikan pelayanan/penyuluhan kesehatan sesuai bidang masing-masing di lokasi TMMD yang di tujukan untuk masyarakat.

“Kali ini mendapat kehormatan, kami bisa mendampingi langsung Dansatgas memantau kebersihan lingkungan di wilayah lokasi TMMD,” tutupnya.

Dansatgas menuturkan, benar kali ini mengandeng pihak kesehatan internal Kodim 0420/ Sarko mengadakan peninjauan dan memantau kebersihan lingkungan di Dusun-dusun yang ada di Bukit Beringin.

“Adapun tujuan dari peninjauan ini tidak lain adalah untuk melihat langsung kondisi lingungan warga terutama kebersihan,” ungkap Dansatgas.

Dikatakan dari pantauan yang di lihat langsung, kondisi lingkungan masyarakat terlihat normal dan baik, akan tetapi ada sebagian yang masih terkesan kotor.

“Seperti penempatan kandang ternak begitu dekat rumah, sehingga akan membuat polusi udara tidak sedap dari aroma kotoran ternak yang di timbulkan melalui Kepala Desa Bukit Beringin Bapak Hidayat terkait kebersihan sudah disampaikan.

“Ini sangat perlu diperhatikan karena akan mudah penyakit menyerang jika lingkungan kotor. Oleh sebab itu, kami himbau ini setidaknya menjadi pedoman menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih,” tutup Letkol Tomi selaku Dansatgas TMMD Ke 111 Tahun 2021. (Sp)

ADVERTISEMENT