Jelang Idul Adha, Stok Hewan Qurban di Bungo Cukup

Dibaca: 370 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Jelang Idul Adha 1442 H. Pemerintah Kabupaten Bungo melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo meyakini jika stok hewan Qurban pada tahun ini cukup.

Berdasarkan dar dari dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo, jumlah hewan kurban yang tersedia saat ini sebanyak 1. 421 ekor. Itu terdiri dari sapi kerbau kambing dan biri-biri.

Dari hewan kurban tersebut yang paling banyak adalah sapi, di mana saat ini ini tercatat sebanyak 833 ekor sapi, kemudian kambing sebanyak 448 ekor, biri-biri 94 ekor dan kerbau sebanyak 46 ekor.

Plt Sekdin Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bungo Enggar Tri Wahyudi ketika dikonfirmasi menyebut, hewan Qurban tersebut tersedia diberapa kelompok tani dan tempat penggemukan sapi dan hewan Qurban di kabupaten Bungo.

“Insya Allah stok hewan Qurban kita tahun ini lebih dari cukup. Dan hewan Qurban tersebut sudah kita periksa kesehatannya. Yang jelas aman untuk Qurban,” kata Enggar.

Dikatakan Enggar, melihat dari jumlah stok hewan Qurban yang ada. Dirinya menyakini jika stok tersebut berlebih. Sebab data yang mereka peroleh saat ini, jumlah orang yang bakal berqurban menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Seperti stok sapi yang ada kebutuhan hewan Qurban di kabupaten hanya 759 ekor sementara stoknya 833 ekor. Kambing 360 ekor sementara stoknya 448 ekor, biri-biri 84 ekor sementara stok 94 dan kerbau 44 ekor sementara yang stoknya 46 ekor.

“Jika ditotal, kita kelebihan atau sisa 174 ekor hewan Qurban. Intinya stok cukup dan tinggal mau pilih beli yang besar atau yang sedang, sesuai kondisi, ” kata Enggar.

Lanjut Enggar, hewan Qurban tersebut merupakan hewan Qurban yang dikelola oleh peterak di Bungo. Lokasinya yang  tersebar, diberbagai tempat. Seperti di Palepat, Pelepat Ilir, Rantau Ikil, pelayangan dan daerah lainnya.

Jadi kata Enggar, bagi masyarakat yang hendak membeli hewan untuk Qurban, masyarakat bisa langsung datang ke peternak. Untuk harga yang diberikan bervariasi sesuai dengan ukuran besar kecilnya hewan yang dibeli.

“Sapi berkisar Rp 14-25 juta, kerbau Rp 15-17 juta, kambing Rp 2-4 juta, biri-biri Rp 1,5-2 juta. Tergantung kondisi badan dan nego dengan peternak. Kami juga menghimbau bila membeli hewannya di luar kabupaten Bungo harus sehat dan memiliki surat keterangan sehat untuk di qurban,” imbuhnya. (zek)

ADVERTISEMENT