Tumbuhkan Jiwa Kebangsaan, Babinsa Berikan Materi Wawasan Kebangsaan

Dibaca: 126 kali

GARUDA PUTIH, TANJAB TIMUR – Komando Distrik Militer (Kodim) 0419/Tanjab sebagai Komando Kewilayahan disamping melaksanakan Tugas Pokoknya sehari-hari, Kodim 0419/Tanjab melalui para Babinsa Koramil 04/Nipah Panjag juga berupaya membantu Pemerintah Daerah, khususnya dibidang Pendidikan dengan memberikan Materi Wawasan Kebangsaan di SD Negeri 131/X Desa Rantau Jaya Kec. Rantau Rasau, Kab. Tanjab Timur, yang diberikan oleh Kopda Hardi, Senin (11/3/2019).

Secara terpisah, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Arry Yudistira mengatakan bahwa Babinsa Jajaran Kodim 0419/Tanjab harus selalu aktif di wilayah binaannya, khususnya dibidang pendidikan. Babinsa harus mampu bersinergi dan menjalin komunikasi yang baik dengan pihak sekolah dan tenaga pendidik lainnya.

“Kegiatan pemberian materi wasbang kepada para pelajar ini diharapkan dapat membentuk karakter agar mereka menjadi generasi yang cerdas, disiplin dan berwawasan kebangsaan serta Cinta Tanah Air,” ucap Dandim.

Selain itu, kata Dandim kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter pelajar yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi Nilai-nilai Keluhuran Bangsa, agar senantiasa tetap menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Materi ini juga menumbuhkan Kecintaan pelajar kepada Tanah Air, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Keyakinan akan Kesaktian Pancasila, Kerelaan Berkorban bagi Negara, serta memberikan kemampuan awal Bela Negara,” harap Letkol Arry.

“Untuk menumbuhkan jiwa Nasionalisme kepada anak-anak, harus ditanamkan sejak usia dini, karena kedepan mereka inilah yang jadi generasi penerus bangsa. Kegiatan seperti ini semaksimal mungkin akan kita laksanakan terus menerus dan bukan hanya di sekolah-sekolah saja, namun ditempat pendidikan lainnya juga bisa kita berikan, seperti tempat anak-anak mengaji dan juga tempat bermain”, lanjutnya.

Para siswa terlihat bangga bisa bertatap muka dengan Prajurit Abdi Negara. TNI ternyata tidak seperti yang mereka bayangkan selama ini, yakni kaku dan garang, akan tetapi juga bisa menjadi pendidikan atau guru yang patut diteladani. (penrem042gapu)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT