Apel Siaga Pengawas Pemilu Serentak, Wabup Bungo Sampaikan Ini

Wakil Bupati Bungo, hadiri Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentakan 2024. Minggu (11/2). Foto : sidakpost.id/Julian. Biro Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bungo menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu serentak tahun 2024. Apel siaga ini dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Bungo, Ahmadi, di lapangan eks MTQ baru, Minggu (11/2).

Dalam kegiatan ini, turut dihadiri Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto, Unsur Forkompinda, dan seluruh pengawas Pemilu Bawaslu.

Dalam arahannya, Ketua Bawaslu Bungo, Ahmadi mengatakan, masa tenang merupakan titik kritis bagi pengawas Pemilu. Karena dalam dua hari kedepan, pengawas Pemilu harus memastikan bahwa tidak adanya kampanye, politik uang dan juga memastikan pendistribusian logistik tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah.

” Pasca tahapan masa tenang merupakan titik akhir tahapan krusial Pemilu yaitu pemungutan, penghitungan, rekapitulasi hasil penghitungan suara. Untuk itu, di butuhkan ketelitian, kesabaran, serta pengetahuan dalam memahami regulasi yang konferhensif untuk memastikan tahapan berjalan dengan baik dan demokratis,” ujarnya.

Disampaikan Ahmadi, Bawaslu Kabupaten Bungo kembali menegaskan kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu untuk tetap komitmen melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 dengan bersungguh-sungguh, penuh kedisiplinan dan penuh rasa tanggungjawab yang tinggi, demi berlangsungnya penyelenggaraan Pemilu di Kabupaten Bungo berjalan adil, demokratis dan damai.

” Menjadi pengawas Pemilu harus siap untuk mengawal demokrasi, kita harus bisa pastikan semua pengawas Pemilu memiliki pemahaman yang mendalam tentang aturan dan regulasi Pemilu 2024. Selain itu, tingkatkan koordinasi antar pengawas di semua tingkatan untuk memastikan bahwa seluruh informasi dan pengalaman kerja tersampaikan dengan baik dan efisien,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Apriyanto mengatakan, sampai saat ini, tahapan Pemilu di Kabupaten Bungo sudah berlangsung. Tadi pagi telah dilakukan pelepasan pendistribusian logistik Pemilu ke seluruh Kecamatan dalam Kabupaten Bungo.

Dikatakan Wabup Apri, salah satu kunci suksesnya Pemilu serentak tahun 2024 ada pada pengawasan yang efektif dari semua tingkatan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) hingga ditingkat TPS.

” Karena itu, saya ingin menyampaikan di forum ini, mari kita jaga integritas kita, agar Pemilu yang dilaksanakan besok betul-betul berjalan dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan juga adil,” ungkapnya.

Sambubg Apri, susah harapan bersama, jika pengawasan berjalan efektif maka telah terjadi peningkatan kualitas demokrasi yang salah satu Indikator nya adalah peningkatan partisipasi Pemilih. Pada tahun 2019 pencapaian partisipasi pemilih di angka 82 persen, harapannya tahun ini akan terjadi peningkatan.

“Disamping itu, kita berharap dan mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk datang ke TPS tanggal 14 Februari 2024 agar Pemilu bisa berlangsung dengan baik, dan menghasilkan pemimpin yang berintegritas dan amanah,” tukasnya. (Jul)