Kapolres Bungo : Liga Voli Antar Pelajar Cara Efektif Cegah Perilaku Menyimpang

Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram bersama Wabup Bungo Buka Liga Voli Antar Pelajar yang dipusatkan di SMAN 1 Bungo. Foto : sidakpost.id/zakaria

SIDAKPOST.ID, BUNGO –  Langkah konkrit Kapolres Bungo, AKBP Wahyu Bram dalam mencegah perilaku menyimpang terhadap anak sekolah dan lebih aktif kegiatan yang bermanfaat akhirnya liga voli tingkat SLTA digelar di SMAN 1 Bungo.

Liga voli antar pelajar tingkat SLTA resmi dibuka langsung oleh Kapolres Bungo dan hindari langsung oleh wakil Bupati Bungo, H Safrudin Dwi Apriyanto, kepala sekolah dan seluruh guru.

Kapolres Bungo AKBP Wahyu Bram Buka Livoli antar SMA se Kabupaten Bungo. Foto : sidakpost.id/zakaria

“Liga voli ball antar pelajar ini sengaja kita lakukan untuk memberi kegiatan positif, karena semua yang kita lakukan memang untuk mencegah perilaku menyimpang di tingkat pelajar,” ucap AKBP Bram.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk antisipasi dan juga solusi membuat pelajar sibuk dan tidak terpengaruh dengan kegiatan tidak berguna. Seperti mengikuti pergaulan tidak jelas, nongkrong di warung serta bolos dari sekolah.

“Kami ingin kegiatan ini bukan sekali saja akan tetapi terus menerus dilaksanakan di wilayah Bungo. Dengan adanya liga voli ini tentu para pelajar lebih giat untuk berlatih dan berlatih. Bila mereka sudah sibuk main voli dan berlatih kegiatan menyimpang tak ada lagi,” ucapnya.

Lanjut Bram, selain membuat anak-anak ini sibuk untuk mengikuti liga voli ball, tentu ajang ini bisa mencari bibit potensial bagi generasi muda di Bungo. Baik lingkungan pelajar hingga di lingkungan masyarakat.

“Saya kegiatan ini bukan ajang lomba liga voli baisa akan tetapi lebih kepada untuk membentuk karakter anak-anak sehingga mereka lebih mencintai olahraga dan jauh dari perilaku menyimpang. Kegiatan liga voli antar pelajar akan terus kita lakukan,” kata dia.

AKBP Bram juga berharap, semua pihak dan juga pemerintah kabupaten sekaligus pihak sekolah, sudah saatnya memikirkan langkah nyata untuk mencegah agar anak-anak tidak terlibat tindakan melanggar di luar sekolah.

“Tentu peran ini bukan saja dari polisi tapi semua kita yang anak sedang sekolah itu juga harus ada peran aktif dari para guru dan lingkungan sekitar. Saya yakin semua akan berjalan dengan baik apabila semua pihak memikirkan nasib masa depan anak,” ucapnya.

Wakil Bupati Bungo H Safrudin Dwi Aprianto, menyampaikan apresiasi yang luar biasa pada Kapolres Bungo atas Inisiatifnya, untuk mengadakan liga voli ini untuk jangka panjang sampai 8 bulan waktunya dengan sistem tandang juga kandang, mudah-mudahan kegiatan tersebut membawa banyak manfaat.

“Kami sangat mendukung adanya kejuaraan seperti ini, kegiatan ini merupakan salah satu bagian penting dari upaya kita, terutama untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda,” ujar Apri.

Kata Apri, banyak fakta menyebutkan anak-anak menggunakan narkoba itu sebagian besar karena terpengaruh oleh kawan dan lingkungannya.

Karena itu yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadi penyalahgunaan narkoba, salah satu nya dengan menyibukkan diri mereka dengan berbagai kegiatan positif termasuk diantaranya adalah olahraga.

“Kita berharap mudah-mudahan ini juga mendapat dukungan dari pihak sekolah, kita lihat anak-anak sangat bersemangat untuk ikut kegiatan liga voli ini. Mudah-mudahan semakin meningkatkan motivasi kita dalam memberantas peredaran penggunaan narkotika di kalangan pelajar,” ungkapnya.

Kejuaraan bola voli akan memperebutkan Piala Kapolres dan uang pembinaan dari Kapolres Bungo yang juga selaku Ketua PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) Kabupaten Bungo. (zek)