Stok Blangko e-KTP Kosong, Begini Solusi dari Dinas Dukcapil Bungo

Sekretaris Dinas Dukcapil, Darlis, saat ditemui di Ruang kerja, Rabu (11/1/2023). Foto : Sidakpost.id/Juliansyah. Biro Bungo

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Stok Blangko pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) terjadi kekosongan. Dimana, kejadian tersebut sudah berlangsung sejak beberapa bulan terakhir.

Sekretaris Dinas Dukcapil Bungo, Darlis mengatakan, kekosongan ini terjadi sejak bulan November lalu. Bahkan, kekosongan tersebut terjadi merata di Indonesia.

Kata Darlis, walau begitu, masyarakat tidak perlu khawatir karena pihak nya akan memberikan solusi dengan menerbitkan Identitas Kependudukan Digital serta surat keterangan (suket) sebagai pengganti e-KTP yang belum tercetak.

Menurut dia, sehingga bagi masyarakat yang memiliki Samrtphone, dapat dengan mudah mengakses dan dapat menerbitkan Identitas Kependudukan Digital. Kendati begitu, bagi yang tidak memiliki smartphone akan dibuatkan surat keterangan pengganti sementara sebagai pengganti e-KTP.

“Masyarakat diimbau tidak perlu khawatir, karena Dinas Dukcapil Bungo tetap melayani penerbitan surat keterangan (Suket) dan juga bisa memanfaatkan penerbitan Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui Aplikasi, yang dapat di akses melalui Play Store,” ungkap, Darlis, Rabu (11/1/2023).

Darlis menambahkan, pihaknya terus mengupayakan blangko e-KTP akan tersedia secepat nya. Dari informasi yang didapat akan tersedia kembali pada minggu depan.

“Insya Allah pada minggu depan ini blangko e-KTP akan tersedia kembali, informasi dari Dirjen Dukcapil blangko e-KTP sudah ada dan siap untuk dikirim ke daerah-daerah,” tutupnya. (Jul)