PMII Bungo Siapkan Kader Inisiator Perubahan

Dibaca: 226 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Bungo menggelar Pelatihan Kader Lanjut (PKL) ke-I. Dimana PKL ke I PMII Cabang Bungo ini mengangkat tema “Meneguhkan Jiwa Kepemimpinan dalam Kehidupan Bernegara”.

Sedikitnya, ada 27 orang perwakilan kader terbaik dari setia Cabang di Provinsi Jambi yang akan mengikuti acara PKL ke I PMII Cabang Bungo 11-17 Januari 2021 di Balai Latihan Kerja (BLK) Bungo.

“Alhamdulillah, PMII Bungo bisa menggelar PKL yang ke-I, pesertanya merupakan utusan setiap Cabang PMII se Jambi,” ujar Ahmad Hidayat, Ketua Umum PMII Cabang Bungo, Senin (11/01/2021).

Pelatihan Kader Lanjut (PKL) merupakan pelatihan formal kaderisasi tingkat ke tiga setelah Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) dan Pelatihan Kader Dasar (PKD), materi yang disajikan berbeda pula.

Dalam pelaksanaan PKL, biasanya mendatangkan pemateri-pemateri yang memang ahli dalam bidangnya baik lokal maupun nasional, sehingga pemateri dan peserta dapat menikmati proses dengan baik dan sesuai dengan harapan.

“Semoga para keder lulusan PKL Bungo nantinya akan jadi kader militan yang terus konsisten di jalur pergerakan,” paparnya.

Hengki Tornado, ketua umum Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Provinsi Jambi mengucapkan selamat kepada para kader yang akan ditempa selama 7 hari kedepan.

Dijelaskannya, bahwa tantangan warga pergerakan sudah berbeda pada era reformasi, tidak harus selalu diluar sistem, tapi harus mampu berada dalam sistem dan memberikan sumbangsih dalam pembangunan.

“Sudah banyak alumni pergerakan yang berkarir di dunia politik dan jadi anggota Legislatif, Bupati maupun Gubernur. Kader PMII harus bisa memberikan sumbangsih nyata untuk memajukan daerah dari segala sektor. Kritis tetap, tapi kita wajib punya gerakan yang nyata untuk kemajuan daerah masing-masing,” tegas Hengki Tornado.

Lanjutnya, PKL merupakan kegiatan yang nantinya akan menciptakan kader penggerak serta pengembangan terhadap organisasi, disetiap elemen penting, bisa di dalam PMII maupun di luar PMII.

“Kita juga mendorong semua cabang untuk selalu gencar dalam melaksanakan kegiatan kaderisasi di semua tingkatan di PMII, karena berjalanya aktifitas organisasi akan bertumpu pada pengembangan prosesi kaderisasi, yang harus terukur input dan outpunya.” pungkasnya. (zek)

ADVERTISEMENT