UPTD Puskesmas Muko-Muko Bathin VII, Terus Maksimalkan Vaksinasi Ibu Hamil

Dibaca: 251 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo melalui UPTD Puskesmas Muko-muko Bathin VII, terus memaksimalkan program vaksinasi Covid-19.

Tak hanya menyasar bagi masyarakat umum, Vaksinasi ini juga dilakukan, khususnya bagi ibu hamil (Bumil) di wilayah kerja Pusksemas Muko-Muko Bathin VII, Kabupaten Bungo.

Tercatat, setidaknya hingga saat ini, telah melakukan vaksinasi ibu hamil (Bumil)
sebanyak 43 orang dosis pertama dan 7 orang dosis kedua.

“Untuk sasaran ibu hamil dalam wilayah kerja Puskesmas Muko-Muko Bathin VII yang akan dilakukan vaksinasi sebanyak 347 orang. Namun yang telah divaksin dosis pertama 43 orang dan 7 orang dosis kedua,” kata Kapus, H. Ulil Amri, S.Kep. Muko-Muko Bathin VII.

Lanjut Ulil Amri, pihaknya akan terus memaksimalkan program ini, dengan melakukan sosialisasi dan edukasi terkait vaksinasi covid-19, khususnya untuk ibu hamil di wilayah kerjanya.

Ini dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisir dan pencegahan penyebaran Covid-19 terutama pada ibu hamil. Untuk usia kehamilan, di trimester kedua, atau di atas 13 minggu.

“Untuk diketahui, pemberian vaksin ini, tidak bisa sembarang dilakukan, tentunya harus melalui skrining kesehatan yang harus dilakukan terlebih dahulu, diantaranya kondisi kesehatan ibu dan janin, usia kandungan hingga masalah kesehatan lainnya,”jelasnya.

Meski demikian, Ia berharap kepada seluruh Bumil, tidak perlu takut ikut vaksinasi. Karena vaksin ini tentu sangat baik, juga sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona, utamanya bagi ibu hamil.

“Kami terus bersinergi dengan TNI-Polri dan juga Pemerintahan Dusun dalam wilayah kerja Puskesmas Muko-muko bathin VII mensukseskan terkait program vaksinasi ini. Selain vaksinasi untuk Ibu hamil, juga melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat umum, karena kita ingin, semua masyarakat divaksin secara merata,” tukasnya.

HIMBAUAN UNTUK IBU HAMIL :

Vaksinasi covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kemenkes. Vaksinasi bagi Ibu Hamil. Setiap mau di vaksinkan terlebih dahulu akan di screaning.

BUMIL diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

SYARAT VAKSINASI COVID -19 UNTUK BUMIL :

-Suhu Dibawah 37,5°C

-Usia Kehamilan Di atas 3 Bulan ( Trimester Kedua )

-Tensi Darah Di bawah 140/90 mmhg

-Tidak Memiliki Tanda Preeklamsia

Tidak Memiliki Riwayat Alergi Berat

-Tidak Punya Penyakit Penyerta (Komorbid)

-Tidak Memiliki Penyakit Autoimun

-Tidak Sedang Mendapat Pengobatan Untuk Gangguan Pembekuan Darah, Kelainan Darah Defisiensi Imun dan Bukan Penerima Transfusi

-Tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif

-Tidak Terkonfirmasi Positif Covid – 19 dalam 3 Bulan Terakhir.

(Jul)

ADVERTISEMENT