Dandim 0420/Sarko Hadiri Upacara Hari Pahlawan Ke-76

Dibaca: 108 kali

SIDAKPOST.ID, MERANGIN – Dandim 0420/Sarko, Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, hadiri upacara hari pahlawan 10 November, dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Merangin, Rabu (10/11/2021).

Turut hadir unsur Forkopimda Kabupaten Merangin. Diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Merangin Herman Efendi ST., MM., Kajari Merangin Dr. Raden Roro Theresia Tri Rismaharini, Sekda Merangin Ir. Fajarman, Ketua MUI Dr. Joni Musa LC dan para OPD.

Bertindak selaku inspektur upacara Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan, S.I.K. dan komandan upacara AKP Sudiharsono dan perwira upacara Kompol Budi Suhartono.

Upacara diikuti unsur TNI-Polri, pegawai Pemda Kabupaten Merangin dan pelajar. Tema hari pahlawan ke-76 tahun 2021 adalah Pahlawanku Inspirasiku

Pada kesempatan itu, Irup membacakan amanat Menteri Sosial bahwa setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan dan mengisi kemerdekaan.

“Peringatan tersebut, didasarkan pada peristiwa ‘Pertempuran 10 November 1945’ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang cukup besar,” ujarnya.

Lanjutnya, peristiwa tersebut, merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Bung Karno pernah menegaskan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini, memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, bahwa tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan serta perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Republik Indonesia,”katanya.

Sementara Dandim juga menyampaikan bahwa sebagai generasi penerus bangsa, perjuangan dan pengorbanan yang sudah ditunjukkan oleh para pendahulu harus menjadi contoh bagi semua dalam meneruskan dan mengisi kemerdekaan
yang telah diraih.

Kobaran semangat serta pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan negara ini haruslah menjadi contoh bagi generasi penerus untuk dapat mengisi kemerdekaan dengan penuh semangat.

“Jadikan pahlawan sebagai inspirasi dalam mengisi kemerdekaan negara Indonesia yang kita cintai ini. Selamat Hari Pahlawan,” pungkas Dandim. (don)

ADVERTISEMENT