Peringati Hari Pahlawan Meningkatkan Kesadaran Untuk Lebih Cinta Tanah Air

Dibaca: 61 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Komandan Korem 042/Gapu, Kolonel Arh Elphis Rudy, diwakili Kasrem Letkol Arh Hary Sassoni Utomnon, mengikuti upacara peringatan hari pahlawan di lapangan Gubernur Jambi, Minggu (10/11/2019).

Upacara juga diikuti oleh, TNI -Polri, ASN, lingkup Prilovinsi Jambi, organisasi pemuda, pelajar dan Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Jambi. Drs H. Apani Saharudin mewakili Gubernur Jambi bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Amanat Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara, yang pada intinya menyampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. untuk itu marilah kita terus-menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia,” ujar Apani.

Dikatakan, peringatan hari pahlawan, diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan sebagaimana ungkapan salah seorang the founding father kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”.

Selain itu peringatan hari pahlawan kita bangkitkan Semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat,” katanya.

Lanjutnya, jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Jangan biarkan negeri kita terkoyak tercerai-berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. mari kita maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyata bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju,” tukasnya.

Hadir dalam Upacara Peringatah Hari Pahlawan, para Pejabat Utama Pemprov Jambi, Para Pejabat Teras Korem 042/Gapu, Para Pejabat Utama Polda Jambi, Legiun Veteran, tomas, tokoh Adat, tkoh Agama dan sejumlah undangan dari OPD Provinsi Jambi lainnya. (penrem042/gapu)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT