Puskesmas Muara Bungo 1, Maksimalkan Vaksin Bumil

Dibaca: 44 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dengan adanya program pemerintah untuk meningkatkan imunitas tubuh terhadap virus corona, maka dianjurkan agar Ibu Hamil (Bumil) melakukan vaksinasi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan RI.

Untuk itu semua pihak terkait khususnya Dinas Kesehatan setempat agar segera melakukan vaksin terhadap Bumil.

Kepala UPT Puskesmas Muara Bungo I Suyanto, SKM, M.KMM kepada media ini mengatakan bahwa pihaknya belum ada ibu hamil yang divaksinasi.

“Hal ini mungkin dengan berbagai macam alasan ada yang takut dan sebagainya,” kata Sutanto.

Kalau untuk program sudah boleh ibu hamil di trisemester 2 divaksinasi serta anak usia 12 tahun sampai 18 tahun, khusus untuk anak di atas 12 tahun kita sudah 20% dan di Puskesmas I bukan hanya kegiatan-kegiatan rutin, kita mengejar sasaran seperti anak sekolah,” tmabahnya.

Dikatakan, ada 3 SMP dalam waktu dekat insya Allah akan dikejar sasaran tersebut.

“Untuk Bumil kita gencar melaksanakan vaksinasi covid-19 karena itu memang sangat penting bagi ibu hamil apabila ibu hamil terjangkit maka sangat berbahaya bagi ibu dan bayi yang dikandungnya,” tutupnya.

HIMBAUAN UNTUK IBU HAMIL :

Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kemenkes. Vaksinasi bagi Ibu Hamil. Setiap mau divaksinkan terlebih dahulu akan di Srceeaning.

BUMIL diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

SYARAT VAKSINASI COVID -19 UNTUK BUMIL :

-Suhu Dibawah 37,5°C

-Usia Kehamilan Di atas 3 Bulan ( Trimester Kedua )

-Tensi Darah Di bawah 140/90 mmhg

-Tidak Memiliki Tanda Preeklamsia

Tidak Memiliki Riwayat Alergi Berat

-Tidak Punya Penyakit Penyerta (Komorbid)

-Tidak Memiliki Penyakit Autoimun

-Tidak Sedang Mendapat Pengobatan Untuk Gangguan Pembekuan Darah, Kelainan Darah Defisiensi Imun dan Bukan Penerima Transfusi

-Tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif

-Tidak Terkonfirmasi Positif Covid – 19 dalam 3 Bulan Terakhir

(redaksi)

ADVERTISEMENT