Dinas TPHbun Gelar Lomba Pra Perda KTNA Tingkat Kabupaten Bungo

Dibaca: 132 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Perkebunan (TPHbun) Kabupaten Bungo, menggelar acara pra Pekan Daerah KTNA tingkat Kabupaten, bertempat di halaman kantor dinas TPHbun, Selasa (10/9/2019).

Wakil bupati bungo H Safrudin Dwi Aprianto membuka secara resmi Pra pekan daerah KTNA dan didampingi Ketua KTNA Bungo, kepala Dinas TPHbun Kabupaten Bungo, sekdis TPHbun Bungo.

Turut hadir, para camat, peserta Pra pekan daerah KTNA, Dharma wanita TPHbun, kelompok Tani, kepala UPTD, para Penyuluh, serta tamu undangan lainnya.

Wakil bupati bungo H Safrudin Dwi Aprianto di kesempatan itu mengatakan, kegiatan Pra peda KTNA merupakan kegiatan ajang kompetisi untuk menyiapkan calon peserta yang akan mengikuti pekan daerah tingkat Provinsi Jambi, pada bulan oktober tahun 2019 di Kota Jambi.

“Mudah-mudahan dengan seleksi ini, kita akan menghasilkan para peserta yang berkualitas dan siap tampil di ajang provinsi, karena misi kita kedepan cukup berat yaitu mempertahankan juara umum pada HKP tahun 2018 di Batanghari,” kata Wabup.

Selain itu, wabup juga mengapresiasi kepada dinas TPHbun, beserta jajaran dan PPL yang terus memfasilitasi para petani untuk terus maju.

Selain ajang silaturami kegiatan ini juga bisa meningkatkan inovasi-inovasi baik itu bentuk perlombaan, asah terampil maupun metode penyuluhan pertanian agar petani kita bisa mandiri.

“Selogan hari ini Dinas TPHbun dan PPL harus menjadi sahabat untuk para petani karena, para petani hanya dibutuh didengar suaranya, difasilitasi apa yang diinginkan,” imbuhnya.

Sementara itu, kepala dinas TPHbun kabupaten bungo M Hasbi mengatakan Pra pekan daerah KTNA tingkat Kabupaten Bungo tahun 2019 ini, suatu forum pertemuan sebagai sarana belajar mengajar, tukar menukar informasi tentang pengalaman para petani dan pemerintah.

Beberapa perlombaan dalam Pra Peda KTNA seperti, asah terampil petani, cerdas cermat penyuluh, orasi petani, orasi penyuluh, stand up komedi petani, Stand up komedi penyuluh.

Ada juga seleksi benih, citra rasa kopi, tarik tambang, lari karung, identifikasi bibit tanaman hutan, yang mana pada seleksi ini, para pemenang hari ini maka yang akan mewakili kabupaten bungo ditingkat Provinsi.

“Dengan adanya pra peda tingkat kabupaten bungo ini KTNA kabupaten bungo dapat di andalkan dan bisa membawa nama kabupaten bungo pada pra perda tingkat provinsi jambi pada bulan oktober, dan PENAS di Provinsi Sumatera Barat,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada BPP teladan, PPL teladan, dan Camat yang berperan dalam bidang pertanian. (adv/jul)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT