Patroli Karhutla, Babinsa Serda Toni Ajak Warga Waspada Dimusim Kemarau

Dibaca: 93 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serda Toni Daryono Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute bersama Sat Binmas Polres Tebo, menggelar Patroli bersama dalam rangka untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Bertempat di Desa Karang Dadi Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. Kemarin.

Rombongan Patroli Karhutla terdiri dari Kanit Bintibmas Ipda Muslim Maroli dan Ps.Kanit Binpolmas Bripka Suwindra Aldi, Babinsa Karang Dadi Serda Toni Daryono, Kades Karang Dadi Suparjo dan tokoh masyarakat setempat.

Patroli Karhutla ini menelusuri kebun Karet dan Sawit milik warga Desa Karang Dadi, setiap ketemu dengan warga atau petani anggota Patroli memberikan sosialisasi tentang kebakaran hutan dan lahan.

Babinsa SerdaToni Daryono mengatakan, Patroli Karhutla TNI bersama Polri tanda kepedulian dan mengingatkan masyarakat di pedesaan supaya waspada disaat musim kemarau seperti sekarang ini. Mengingat dimusim panas terik kemarau dominan bisa timbulnya kebakaran hutan dan lahan maupun pemukiman warga.

“Pemicu terjadinya kebakaran dimana – mana biasanya akibat kelalaian seseorang dari membuang puntung rokok dan membakar sampah disembarang tempat,” ujar Babinsa Serda Toni Daryono, Rabu (10/7/2019).

Jangan membuka lahan dengan cara dibakar, Serda Toni mengingatkan, musim kemarau sangat dominan terjadi kebakaran dimana – mana karena dedaunan tumbuhan dan sampah menjadi kering sangat sensitif terkena api. Pelaku Pembakaran hutan dan lahan, akan dihukum berat kurungan penjara dan denda sejumlah uang.

“Kebakaran hutan dan lahan maupun pemukiman dapat menimbukan kerusakan lingkungan kehidupan serta bisa membawa kerugian harta benda serta korban jiwa. Mari bersama – sama kita cegah Karhutla,” pungkasnya. (asa)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT