Telusuri Sungai, Serka Sutiyono Patroli Antisipasi Banjir dan Longsor

Babinsa Serka Sutiyono bersama Warga binaan menelusuri Sungai Alay, dalam rangka Patroli antisipasi banjir dan longsor. Foto : Amir Said

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dalam upaya mengantisipasi dini terjadinya bencana banjir dan tanah longsor saat seringnya hujan turun, Babinsa Serka Sutiyono Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, bersama warga binaan melakukan patroli antisipasi bencana banjir maupun tanah longsor.

Patroli ini dilakukan dengan menelusuri Sungai Alay untuk memantau situasi perkembangan kondisi Sungai terkini, di Desa Tegal Arum Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, pada Jumat (10/06/2022).

Babinsa Serka Sutiyono menuturkan, bahwa Patroli dilakukan guna memonitor dan mengantisipasi, bila terjadinya tanah longsor maupun banjir akibat air Sungai meluap, dikarenakan intensitas atau curah hujan pada seketika tinggi.

“Patroli ini dilakukannya secara rutin, mengecek langsung tempat rawan dan berpotensi menimbulkan banjir serta longsor seperti mengecek kondisi Sungai yang ada di wilayah Tegal Arum, diharapkan dengan adanya patroli ini potensi bahaya dapat diantisipasi dengan berkoordinasi langsung bersama aparat pemerintah desa setempat. ”ujar Serka Sutiyono.

Untuk melakukan langkah-langkah cepat dan tepat, sebut Babinsa Sutiyono, agar terhindar dari bencana alam yang tidak diinginkan di desa binaan, terus bergerak menyisir wilayah-wilayah yang dianggap rawan banjir dan tanah longsor yang ada di wilayah Tegal Arum.

“Kita himbau kepada warga masyarakat apabila melihat adanya potensi yang dapat menimbulkan bencana alam, segera laporkan dan koordinasikan kepada aparat pemerintah, agar cepat melakukan tindakan, untuk melakukan pencegahan sejak dini, ” harapnya. (asa)