Peduli, Yonif Raider 142/KJ Bangun Jamban Warga Miskin

Dibaca: 135 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Yonif Raider 142/Ksatria Jaya sebagai satuan tempur yang ada di wilayah Provinsi Jambi dan berkedudukan di bawah Korem 042/ Gapu adalah Satuan Non Komando Kewilayahan (Satnonkowil) yang harus tetap melaksanakan tugas kewilayahan secara terbatas, diantaranya Karya Bhakti pembuatan Jamban keluarga.

Komandan Batalyon Infanteri Raider 142/KJ Mayor Inf Ihsanudin, Rabu (10/4/2019) menjelaskan, pembuatan jamban keluarga pada semester I tahun 2019, Yonif R 142/KJ telah membangun sebanyak 8 (delapan) Unit jamban yang tersebar di wilayah jajaran Kompi pada satuan Yonif R 142.

“Kipan A Sarolangun sebanyak 2 (dua) unit jamban, Kipan B Tebo sebanyak 2 (dua) unit, Kipan C Sungai kambang Kota jambi sebanyak 1 (satu) unit, Kompi Markas Kasang Kota jambi sebanyak 1 (satu) unit serta Kompi Bantuan Sipin Kota Jambi sebanyak 2 (dua) unit jamban,”ujar Danyon.

Tambahnya, pembuatan jamban tersebut menindaklanjuti perintah Komando atas dalam program Sejuta Jamban demi budaya hidup sehat terhadap masyarakat, dikarenakan banyak warga masyarakat yang ternyata belum memiliki jamban.

“Dengan adanya jamban umum ini, masyarakat yang berada disekitar Kompi bisa terbiasa hidup sehat khususnya tidak buang air besar sembarang. Serta lingkungan sekitar bisa menjadi bersih dan sehat, selain itu, untuk menggugah masyarakat membangun jamban sendiri di lingkungan rumah sendiri, ” harap Danyon.

Lajutnya, disamping menciptakan hidup sehat, pembangun jamban ini sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan rakyat. “Kemanunggalan TNI-rakyat akan tetap terjalin dengan baik sehingga menjadi kekuatan untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pungkas Danyon.

Sementara itu salah seorang warga Kasang, Rahmat mengucapkan rasa terimakasih kepada TNI, khususnya Batalyon Infanteri Raider 142/KJ yang telah menjalankan program pemerintah menuju Indonesia Sehat melalui gerakan Jambanisasi.

“Terima kasih kepada TNI telah peduli dengan kondisi masyarakat sehingga jamban bisa dipergunakan oleh banyak warga kurang mampu. Sekali lagi terima kasih TNI. (Penrem/042Gapu)

ADVERTISEMENT