Dandim 0420/Sarko Hadiri Apel dan Simulasi Penanggulangan Bencana Karhutla

Dibaca: 110 kali

SIDAKPOST.ID Merangin – Komandan Kodim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, menghadiri apel dan simulasi penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang di selenggarakan di lapangan gunung Kembang Perkantoran Bupati Sarolangun, Rabu (10/3/2021).

Bertindak sebagai Pimpinan Apel Wakil Bupati (Wabup) Sarolangun H. Hilalatil Badri, dan di hadiri oleh Dandim 0420/ Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis S.A.P, M.Han., Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiyono, S.IK, M.T.C.P, C.F.E., Sekda Sarolangun Endang Abdul Naser.

Juga hadir Asisten I Arif Ampera, Asisten II Dedi Hendri, Kajari Boby Ruswin SH. MH., Para Kabag, Kadis Damkar Hairul, Kepala BPBD Triyanto, Manggala Agni Muhammad Hakim, Camat Limun Subawaihi, Camat Pelawan Deni Subhan dan Kasat Pol PP Riduan.

Adapun komposisi pasukan yang terlibat antara lain 1 SST Kodim Sarko, 1 SST Polres Sarolangun, 1 SST BPBD, 1 SST Damkar, 1 SST Mangala Agni, 5 Orang dari KPHP Hulu, 5 Orang dari KPHP Hilir, 5 Orang dari TPHP, 10 Orang dari Tagana, 10 Orang dari Pol PP, 10 Orang dari Dinas Kesehatan, 5 Orang dari PMI dan 10 dari Pramuka.

Dalam arahannya Wakil Bupati meminta seluruh pihak yang terlibat harus meningkatkan sinergitas dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang akan kita hadapi pada saat musim kemarau tahun ini sebagai upaya pencegahan.

“Kita fokus kepencegahannya dulu dari pada melakukan pemadaman, karena ini juga himbauan dari bapak Presiden dalam menghadapi musim kemarau,” ucap Wabup.

Dengan apel siaga ini, menandakan bahwa Kabupaten Sarolangun siap mengantisipasi, serta siap menghadapi segala bentuk ancaman dari kebakaran hutan dan lahan dimusim kemarau tahun 2021 ini, semoga langit Kabupaten Sarolangun tetap cerah bebas dari api dan asap karhutla.

Terkait kegiatan ini Dandim Sarko menyampaikan bahwa hal tersebut sangat positif guna penyiapan diri baik personil maupun materiil untuk menjaga dan mengantisipasi bilamana sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, bersama-sama kita siap hadapi termasuk karhutlah.

“Seperti apa yang telah disampaikan Wakil Bupati dalam sambutan tadi bahwa yang namanya bencana itu kita semua tidak menghendaki, namun jika sewaktu-waktu di butuhkan, dengan adanya kita mengadakan kesiapsiagaan seperti ini, kita tentunya tidak terdadak dan sudah siap,” jelas Dandim. (don)

ADVERTISEMENT