Wujudkan Ketahanan Pangan, Sertu Daryono Motivasi Poktan Kreatif

Babinsa Sertu Daryono memberikan motivasi, kepada Poktan Tani Kreatif Desa Giriwinangun. Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dalam upaya mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan nasional Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Daryono Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute motivasi kelompok Tani (Poktan) Kreatif, Desa Giriwianangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo.

Untuk mewujudkan program ketahanan pangan nasional, masyarakat di pedesaan harus kreatif memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman palawija, begitu juga lahan pekarangan rumah dimanfaatkan ditanami sayuran atau tanaman jamu-jamuan tradisional.

Hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Sertu Daryono pada saat menyambangi Poktan Tani Kreatif, bertempat di Desa Giriwinangun Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Jumat (10/02/2023).

“Kepada warga yang memiliki lahan kosong untuk ditanami, ubi, jagung, kedelai dan lainnya, sedangkan untuk pekarangan rumah bisa ditanami bayam, kangkung, gambas, kacang panjang dan lainnya,”  Imbau Sertu Daryono.

Ketua Poktan Tani Kreatif Giriwinangun
Pipit Petro mengatakan, luas lahan milik Poktan Tani Kreatif seluas 1 hektar dan saat ini ditanami Cabai merah dan umur tanaman saat ini sekitar 2 bulan.

“Saat ini tanaman Cabai umur 2 bulan dan kendalanya selama ini masalah pengairan dan hama lalat buah, untuk pupuk tidak ada pupuk subsidi, terpaksa harus membeli di toko pertanian,” tutup Pipit Petro. (asa)