Intensitas Hujan Tinggi, BPBD Tebo Ajak Warga Waspadai Banjir

Dibaca: 220 kali

SIDAKPOST.ID TEBO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tebo mengingatkan dan mewanti – wanti kepada warga masyarakat, terutama yang berada atau bermukim dipinggiran bantaran Sungai Batanghari maupun yang berada di dataran rendah.

Pasalnya, saat ini wilayah Kabupaten Tebo kerap diguyur hujan lebat dengan intensitas atau curah hujan cukup tinggi, kondisi ini memicu debit air Sungai Batanghari bertambah naik, dalam hak ini BPBD Tebo tetap siaga dan siap mengambil langkah-langkah bila terdeteksi akan terjadinya banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Tebo Sulaiman, dikonfirmasi sidakpost.id melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Antoni Faksi, menyebutkan, untuk saat ini belum ada laporan dari para Camat terkait adanya masalah banjir.

Secara resminya harus ada laporan dari para Camat tentang debit air yang ada di Sungai Batanghari atau daerah huluan seperti Dharmasraya atau Padang, kabupaten Bungo dan daerah daerah bagian Hulu.

Untuk saat ini dari BPBD Tebo tetap siaga untuk antisipasi terjadi banjir, karena sekarang ini debit air Sungai Batanghari mengalami kenaikan akibat curah hujan yang sangat deras.

“Dihimbau kepada masyarakat yang rumahnya dekat Sungai atau kawasan yang sering terkena langganan banjir
agar selalu waspada, karena kita tidak tahu kapan datangnya banjir, bisa malam hari bisa juga siang hari dan intinya masyarakat harus berwaspada dengan curah hujan saat sekarang ini, bila ada tanda banjir segera mengungsi ke dataran yang tinggi dan aman,” tandas Antoni Faksi. (cr3)

ADVERTISEMENT