Ratusan Warga Bungo, Gelar Aksi di Depan Kantor Kejaksaan

Dibaca: 491 kali
Ratusan Warga Dusun Rambah Gelar Aksi Demo di Depan Kantor Kejaksaan Bungo.

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Ratusan warga Dusun Rambah, Kecamatan Tanah Tumbuh, Kabupaten Bungo, geruduk kantor Kejaksaan Negeri Bungo. Kedatangan mereka mempertanyakan sejauh mana proses hukum terkait dugaan korupsi dana desa oleh Oknum Rio Fahdil, Kamis (10/1/2019).

“Kami sangat berharap agar kasus Rio Fahdil agar diproses secara hukum. Karena sejauh ini. Kalau bisa secepatnya diproses, banyak sekali dugaan penyelewengan dana desa, baik 2017- 2018,” ujar Asari Koordinator aksi di depan kantor kejaksaan Bungo.

Bahkan kata, Asari sebelumnya, pihaknya juga sudah menyampaikan beberapa bukti laporan ke pihak Kejaksaan Bungo. Didalam laporan yang sudah disampaikan lengkap semua bukti-bukti terkait kasus penyelewengan dana desa tersebut.

“Kami sudah muak dengan tingkah laku Fahdil karena sebagai Rio (kades-red) tidak transparan dalam menunggunakan dana desa. Kami selaku masyarakat tentu tidak ingin dusun kami terus begini tidak ada kemajuan dan kejujuran dari Rio sebagai pucuk pimpinan di dusun,”ungkapnya.

Tak hanya itu, harapan dari semua masyarakat agar Rio Fahdil segera dinonaktifkan sebelum proses hukum diselesaikan. Kalau terus dibiarkan kapan lagi dusun akan maju. Padahal pemerintah sudah menggelontorkan dana desa begitu besar.

“Kami berharapa agar bupati Bungo, segera untuk menonaktifkan Rio Fahdil dari jabatannya, jelang proses hukum selesai. Kalau begini terus kapan dusun kami mau maju. Karena seharusnya dana desa itu, buka, dititipkan kepada Rio, melainkan kepada desa,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Bungo yang baru, Bimo Budi Hartono, dihadapan para pendemo mengatakan, semua laporan dari masyarakat ini. akan diproses secapatnya. Yang jelas laporan itu akan kita proses sesuai prosedur dan aturan yang ada.

“Kalau nantinya memeng benar terbukti maka yang bersangkutan akan kita proses. Kedudukan kita sama dimata hukum, kalau salah akan kita proses. Dengan seperti ini, masyarakat secara langsung mengawasi semua dana yang masuk ke Dusun,” tegas Kajari Bungo.

Usai menggelelar aksi di depan kantor Kejaksaan Negeri Muara Bungo, ratusan pendemo mendatangi kantor Bupati Bungo. Di kantor Bupati masyarkat juga menyuarakan tuntutan yang sama supaya Rio (kades) Fahdil dinonaktifkan sebelum proses hukum selesai. (jul)

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT