Musim Hujan Kerap Banjir Parit Depan SDN 194 Dibersihkan Petugas LH

Petugas Kebersihan LH Dushub membersikan Parit depan SDN/VIII 194 Kelurahan Mandiri Agung. Jum'at (9/12). Foto : sidakpost id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Apabila musim penghujan tiba tak pelak lagi air parit selalu meluap, tepatnya didepan SDN 194/VIII Kelurahan Mandiri Agung Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

Meluapnya air parit tersebut, dipicu kerena parit dipenuhi sampah dan tertimbun tanah sehingga membuat air tersumbat tidak bisa mengalir dengan lancar.

Koordinator pengawasan Kebersihan Dinas LH Dishub di Wirotho Agung, Kecamatan Rimbo Bujang, H.Rasmadi mengungkapkan awalnya Kepala SDN 194/VIII Indra Yulaika memberi tahu kalau Parit di depan sekolah tersumbat.

“Karena tersumbat jadi setiap musim hujan air meluap ke jalan karena banyak sampah yang berada di dalam parit tersebut. Untuk itu kami hari ini membersihkan parit bersih dan air mengalir lancar di parit tersebut,” ujar, Jumat (9/12).

Dijelaskan, parit yang dibersihkan ada 100 meter lebih, memang proses pembersihan agak memakan waktu tiga hari karena parit itu sudah dipenuhi tanah juga jadi, haru dikorek kedalamannya.

“Kita berharap tak ada lagi masyarakat di sekitar SD ini yang membuang sampah ke dalam parit, atau di tempat lain. Buang lah sampah pada tempatnya,” tutupnya.

Sementara Kepala SDN 194 Indra Yulaika sangat berterima kasih kepada petugas kebersihan LH, sudah membersihkan parit di depan sekolahan, sehingga di musim penghujan air parit mengalir dengan lancar.

“Sekarang parit itu sudah nampak bersih dan pemandangan tampak asri sedap dipandang mata,” pungkasnya. (asa)