Cegah DBD, Babinsa Syafarudin Ajak Warga Bersihkan Lingkungan

Babinsa Serda Syafarudin bersama Bidan desa Cahya Purba, mengajak warga bersihkan lingkubnan cegah DBD, di Pematang Sapat Rimbo Bujang. Jum'at (9/12). Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serda Syafarudin Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, bersama Bidan Desa (Bides) Cahya Purba melaksanakan sosialisasi cegah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Dimana pencegahan lewat membersihkan lingkungan pemukiman dan terlebih pada musim penghujan. Bertempat di Desa Pematang Sapat Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo, Jumat (09/12/2022).

Babinsa Serda Syaiful juga mengatakan untuk mengantisipasi wabah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk seperti demam berdarah dengue.

“Perlu membersihkan parit atau got dan tempat kumuh kotor lainnya guna menghindari perkembangbiakan nyamuk,” ujarnya.

Dikatakan, kalau pemukiman tempat tinggal cukup bersih dari sampah atau tempat kotor lainnya, maka bisa terhindar dari wabah penyakit. Masyarakat untuk waspada serta berusaha mencegahnya.

Mari laksanakan 3M yakni menguras dan membersihkan tempat penampungan air seperti ember, bak mandi dan lainnya serta menutup penampungan air yang dapat dijadikan sarang nyamuk.

“Bila ada keluarga mengalami tanda terjangkit DBD, segera bawa ke Puskesmas yang terdekat, ” pungkas Syaiful. (asa)