Awas Demam Berdarah, Babinsa Wianto Ajak Warga Bersihkan Pemukiman

Dibaca: 211 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Serda Wianto dari Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, menghimbau sekaligus mengajak warga masyarakat di wilayah binaan untuk membersihkan lingkungan tempat tinggalnya, untuk menghindari pemukiman kumuh terlebih di musim penghujan ini guna mencegah terjangkitnya wabah penyakit.

Hal tersebut dikatakan Serda Wianto pada saat komsos dengan Pemdes dan Kepala Dusun, bertempat di Aula Kantor Desa Pulungrejo Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo.

Musim hujan telah tiba dan dominan tejadinya tempat kumuh akibat lembab dan dapat menimbulkan lingkungan tidak sehat, justeru karena itu baik secara individu maupun bergotong royong perlu membersihkan selokan atau parit maupun comberan, yang dapat dijadikan tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aigypti penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD).

” Mari jangan biarkan keadaan sampah menumpuk sehingga menimbulkan bau busuk tak sedap, untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk Aedes Aigypti selain mekaksanakan gotong royong juga warga perlu melaksanakan 3M yaitu Menutup, Menguras dan Mengubur benda bekas yang ada dilingkungan rumah. ” Imbau Babinsa Serda Wianto, Selasa (09/11/2021).

Semua benda atau tempat yang bisa menampung air, imbuh Serda Wianto, baik di dalam maupun di luar rumah di musim hujan ini ditengkurapkan karena bisa menampung air di luar rumah agar tidak tergenangi air hujan. Nyamuk betina memanfaatkan air yang tergenang sebagai tempat bertelurnya lanjut berkembang biak.

“Tanamlah atau kubur semua objek yang bisa menampung air, seperti kaleng bekas atau wadah plastik. Jadi 3M adalah upaya memberantas nyamuk penyebab Demam Berdarah,”pungkas Wianto. (asa)

ADVERTISEMENT