Sukseskan Vaksinasi kepada Bumil, Puskesmas Bungo II Gencar Sosialisasi

Dibaca: 167 kali
Jajaran Puskesmas Bungo 2 Gelar Sosialisasi Vaksin Kepada ibu hamil (Bumil) foto dok Puskesmas Bungo 2

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, melalui Puskesmas di setiap Kecamatan dalam Kabupaten Bungo, terus berupaya keras supaya capaian vaksinasi kepada ibu hamil (Bumil) bisa tercapai sesuai target dari Pemerintah.

Seperti dikatakan Bidan Koordinator Puskesmas Muara Bungo II, Kecamatan Bungo Dani, Emirosita, menjelaskan kalau kini pihaknya terus berusaha mengajak masyarakat ikut vaksinasi. Tak hanya masyarakat biasa para ibu hamil juga menjadi sasaran vaksinasi.

“Terdata ibu hamil di Puskesmas Muara Bungo II, Kecamatan Bungo Dani, sebanyak 333 ibu hamil, sudah divaksin baru 9 orang. Angka Bumil ikut vaksinasi memang masih rendah, tapi kami akan terus berupaya melakukan sosialisasi ke Bumil, “kata Emirosita.

Dikatakan, memang untuk vaksinasi ibu hamil masih dalam tahapan sosialisasi karena masih banyak ibu hamil yang takut divaksin. Selain itu, ada juga yang memiliki riwayat penyakit bawaan, namun bagi yang lolos screening maka segera divaksin.

“Sejauh ini, kami bekerjasama dengan TNI-Polri dalam percepatan serbuan vaksinasi. Tak cuma itu, kami juga kerap sosialisasi ke dusun-dusun di wilayah Kecamatan Bungo Dani. Mereka masih takut divaksin, tapi kita terus beri edukasi supaya Bumil mau divaksin,” tutupnya.

Hal senada disampaikan, Kapus Muara Bungo II, Yulyanti, SKM. Bahwa vaksin untuk ibu hamil memang sekarang ini masih tahap sosialisasi atau edukasi agar mereka benar-banar mau divaksin. Ini juga memberikan pemahaman kepada ibu hamil terkait vaksinasi.

“Setiap hari petugas kita terus turun ke dusun-dusun untuk melaksanakan giat sosialisasi pentingnya vaksinasi untuk mencegah penularan wabah covid-19. Kami terus bersinergi dengan TNI-Polri dan pemdus terkait program vaksinasi, “ujar Kapus.

 

HIMBAUAN UNTUK IBU HAMIL :

Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kemenkes. Vaksinasi bagi Ibu Hamil. Setiap mau divaksinkan terlebih dahulu akan di screening.

BUMIL diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

SYARAT VAKSINASI COVID -19 UNTUK BUMIL :

-Suhu Dibawah 37,5°C

-Usia Kehamilan Di atas 3 Bulan ( Trimester Kedua )

-Tensi Darah Di bawah 140/90 mmhg

-Tidak Memiliki Tanda Preeklamsia

Tidak Memiliki Riwayat Alergi Berat

-Tidak Punya Penyakit Penyerta (Komorbid)

-Tidak Memiliki Penyakit Autoimun

-Tidak Sedang Mendapat Pengobatan Untuk Gangguan Pembekuan Darah, Kelainan Darah Defisiensi Imun dan Bukan Penerima Transfusi

-Tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif

-Tidak Terkonfirmasi Positif Covid – 19 dalam 3 Bulan Terakhir

(Zakaria/redaksi)

ADVERTISEMENT