Puskesmas Taseplin Terus Maksimalkan Vaksinasi Kepada Bumil

Tampak Jajaran Puseksmas Tanah Sepenggal Lintas Sedang Memberikan Edukasi kepada Bumil terkait vaksinasi/Foto Dok Puskes Taseplin/red

SIDAKPOST.ID, BUNGO –  Puskesmas Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas kini terus mensosialisasikan vaksinasi bagi ibu hamil (Bumil) di wilayah Pusksemas Taseplin, Kabupaten Bungo.

Hal itu disampaikan, dr Ermalina selaku Kepala Puskesmas Taseplin kalau vaksin untuk ibu hamil sekarang memang pihak puskes terus berupaya mengajak seluruh ibu hamil yang ada di 12 dusun dalam kecamatan Tanah Sepenggal Lintas ikut serbuan vaksinasi.

“Bumil yang divaksin usia kehamilannya mulai 13 Minggu sampai 33 Minggu. Sementara ini kami masih fokus edukasi dan sosialisasi kepada Bumil yang ada di wilayah Taseplin, agar mereka mau ikut vaksinasi,”ujar dr Ermalina, Sabtu (9/10).

Dikatakan, untuk data Bumil sekarang mencapai 346 orang per September dan sebagian memang sudah ada yang telah melahirkan. Untuk data Bumil yang ikut vaksin atau divaksin berjumah 9 orang.

“Memang masih banyak bumil di disni yang masih takut-takut untuk divaksin, tapi kami terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada mereka kalau vaksin untuk Bumil itu ada mekanismenya yang harus dilewati,”katanya.

Jadi kepada seluruh Bumil tak usah takut ikut vaksinasi. Karena vaksin ini tentu sangat berguna. Sebelum divaksin semua diperiksa oleh nakes yang membidangi.

“Jadi kalau mau divaksin memang semua harus melewati screeaning terlebih dulu. Ini semua juga sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona di Taseplin,”tutup dr Ermalina.

Tambah dr Ermalina, selain vaksinasi Bumil pihaknya juga melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat. Setiap hari jajaran Puskesmas terus melaksanakan vaksin.

“Kami terus bersinergi dengan TNI-Polri dan juga perangkat Dusun terkait vaksin di wilayah UPT Puskesmas Taseplin ini. Kita ingin, semua masyarakat divaksin secara merata,”tukasnya. (**)

HIMBAUAN UNTUK IBU HAMIL :

Vaksinasi covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kemenkes. Vaksinasi bagi Ibu Hamil. Setiap mau di vaksinkan terlebih dahulu akan di screaning.

BUMIL diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

SYARAT VAKSINASI COVID -19 UNTUK BUMIL :

-Suhu Dibawah 37,5°C

-Usia Kehamilan Di atas 3 Bulan ( Trimester Kedua )

-Tensi Darah Di bawah 140/90 mmhg

-Tidak Memiliki Tanda Preeklamsia

Tidak Memiliki Riwayat Alergi Berat

-Tidak Punya Penyakit Penyerta (Komorbid)

-Tidak Memiliki Penyakit Autoimun

-Tidak Sedang Mendapat Pengobatan Untuk Gangguan Pembekuan Darah, Kelainan Darah Defisiensi Imun dan Bukan Penerima Transfusi

-Tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif

-Tidak Terkonfirmasi Positif Covid – 19 dalam 3 Bulan Terakhir

(zakaria/redaksi)