Ajak Bumil Ikut Vaksinasi, Puskesmas Babeko Gelar Sosialisasi

Dibaca: 206 kali
UPT Puskesmas Babeko Gelar Sosialisasi Kepada Ibu Hamil (Bumil) Terkait Vaksinasi

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Sukseskan serbuan vaksinasi di masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bungo melalu, UPT Puskesmas terus menggelar sosialiasi kepada masyarakat untuk ikut vaksinasi.

Data yang diperoleh, program vaksinasi tidak hanya dilakukan kepada biasa saja namun, ibu-ibu hamil (Bumil) juga jadi perhatian serius sasaran serbuan vaksin.

Bidan Koordinator UPT Puskesmas  Babeko, Srimulatmi menyebutkan, untuk sasaran vaksinasi kepada ibu-ibu hamil  sudah masuk tahap sosialisasi ke dusun- dusun wilayah Kecamatan Bathin II Babeko.

“Sekarang sudah 92 orang ibu-ibu hamil sudah kita data untuk menjadi sasaran vaksinasi. Untuk sekarang memang ada satu orang ibu hamil yang sudah kami vaksinnasi,”ujar Srimulatmi, Kamis (9/9).

Dikatakan, wilayah kecamatan Bathin II Babeko, tercatat dari enam dusun (desa-red) hanya satu dusun belum terdata secara keseluruhan yaitu dusun simpang Babeko. Sedangkan untuk sudah vaksin dari dusun simpang Babeko.

Jadi kepada suruh Bumil tak usah takut ikut vaksinasi. Karena vaksin ini tentu sangat berguna, sebelum divaksin semua diperiksa oleh nakes yang membidangi.

“Sasaran Bumil vaksin bagi memang ini yang usia kehamilan mulai 13 Minggu sampai dengan 33 Minggu. Sementara ini kami masih fikus pada sosialisasi kepada Bumil yang ada di wilayah Babeko,”ujar Srimulatmi.

Terpisah Camat Bathin II Babeko, Giatno dikonfirmasi membenarkan kalau Bumil sekarang memang sedang di data oleh pihak Dinkes Bungo melalui Puskesmas Bathin II Babeko. Karena pihaknya juga ikut memberi himbauan kepada Bumil.

“Kami terus melakukan himbauan agar seluruh Bumil mengikuti vaksinasi yang dipasilitasi oleh Puskesmas Babeko. Tak ada alasan tidak ikut vaksin bagi Bumil. Selain Bumil, warga yang lain segeralah ikut vaksin,”cetusnya. (*)

HIMBAUAN UNTUK IBU HAMIL :

Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kemenkes. Vaksinasi bagi Ibu Hamil. Setiap mau divaksinkan terlebih dahulu akan di Srceeaning.

BUMIL diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

SYARAT VAKSINASI COVID -19 UNTUK BUMIL :

-Suhu Dibawah 37,5°C

-Usia Kehamilan Di atas 3 Bulan ( Trimester Kedua )

-Tensi Darah Di bawah 140/90 mmhg

-Tidak Memiliki Tanda Preeklamsia

Tidak Memiliki Riwayat Alergi Berat

-Tidak Punya Penyakit Penyerta (Komorbid)

-Tidak Memiliki Penyakit Autoimun

-Tidak Sedang Mendapat Pengobatan Untuk Gangguan Pembekuan Darah, Kelainan Darah Defisiensi Imun dan Bukan Penerima Transfusi

-Tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif

-Tidak Terkonfirmasi Positif Covid – 19 dalam 3 Bulan Terakhir

(redaksi)

ADVERTISEMENT