Kopda Teguh Koramil 416-07, Ajak Perangkat Desa Cegah Karhutla

Dibaca: 106 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Dalam Upaya mencegah secara dini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kapten Caj Sugiyanto Selaku Danramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, selalu menekankan anak buahnya para Babinsa untuk rutin melakukan Sosialisasi dan Pattroli pencegahan Karhutla diwilayah desa binaannya masing – masing.

Atas dasar perintah Danramil ini, Babinsa Kopda Teguh Nugroho menggelar komsos sekaligus sosialisasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan kepada Perangkat desa dan BPD Sidorukun, bertempat di Kantor Pemerintahan Desa Sidorukun Kecamatan Rimbo Ulu Kabipsten Tebo. Senin (9/9/2019).

Babinsa Desa Sidorukun Kopda Teguh Nugroho dikonfirmasi menuturkan, membenarkan dirinya menggelar sosialisasi kepada Perangkat desa dan BPD Sidorukun, tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan terutana pada kondisi musim kemarau panjang seperti sekarang ini.

” saat sekarang ini kemarau panjang masih melanda wilayah Kabupaten Tebo yang berdampak menimbulkan kekeringan baik itu Lahan pertanian maupun Sumur milik warga, juga terjadinya kebakaran hutan dan lahan, yang menimbulkan asap tebal menjadi polusi udara mengakibatkan penyakit Ispa atau sesak nafas, ” kata Babinsa Kopda Teguh Nugroho.

Dikatakannya, kepada masyarakat jangan membuka lahan perkebunan dengan cara dibakar dan jangan membakar sampah disembarang tempat serta hati – hati saat membuang puntung rokok karena dapat memicu terjadinya kebakaran yang meluas.

” Saya mengajak kepada Perangkat desa, BPD dan elemen masyarakat Desa Sidorukun, untuk menjadi pelopor dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan dilingkungannya,” tandas Babinsa Kopdada Teguh.

Diketahui, bahwa pelaku atau tersangka pembakaran hutan dan lahan dapat diancam kurungan penjara paling lama 10 tahun dan membayar denda paling banyak sebesar Rp 1 Milyar, sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 2009, Pasal 108 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPPLH). (asa)

ADVERTISEMENT







ADVERTISEMENT