Setelah Dilantik Bupati, Empat Rio Terpilih Siap Berantas PETI

Empat Rio Terpilih yang baru saja dilantik Bupati Bungo di PelapatnIlir Siap Berantas Aktivitas Peti. Foto : ,sidakpost.id/juliansyah

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Empat Rio (Kades) terpilih pada Pemilihan Rio serentak di wilayah Kecamatan Pelepat Ilir beberapa waktu yang lalu resmi dilantik Bupati Bungo H Mashuri, Selasa (9/8/2022).

Pada waktu bersamaan juga dilakukan pengukuhan gelar adat oleh Ketua LAM Kecamatan Pelepat Ilir. Adapun Rio yang dilantik dan dikukuhkan di antaranya, Rio Dusun Lubuk, Dusun Muara Kuamang, Dusun Bangun Harjo, serta Dusun Daya Murni.

Setelah pelantikan, rangakaian acara dilanjutkan dengan membacakan fakta integritas oleh masing-masing Rio yang dilantik.

Dihadapan Bupati Bungo H Mashuri dan tamu undangan lainnya, masing-masing Rio membacakan Fakta Integritas setelah secara resmi dilantik menjadi pemimpin Pemerintahan Dusun.

Dalam penyampaiannya, bahwasanya mereka (kades) di masing-masing Dusun berjanji tidak akan melakukan tindakan yang dapat mencoreng nama baik Dusun, maupun adat istiadat setempat. Adapun fakta integritas tersebut di antaranya Berjanji,

“Pertama, Saya tidak akan melakukan kegiatan penambangan emas tanpa izin (PETI) di wilayah hukum Dusun setempat.

Kedua, Saya tidak akan mengkonsumsi dan mengedarkan narkoba serta saya akan berupaya memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Dusun setempat.

Ketiga, Saya tidak akan meminum minuman keras (Miras) serta melarang penjualan minuman keras di wilayah hukum Dusun (setempat). Berkomitmen untuk memberantas kegiatan perjudian dan sejenisnya di wilayah Dusun setempat.

Keempat, Berkomitmen tidak akan melakukan tindakan asusila, nikah siri serta kegiatan prostitusi dan sejenisnya serta memberantas penyakit masyarakat lainnya di wilayah hukum Dusun setempat,” ujar masing-masing Rio yang dilantik.

Sebutnya, Demikian fakta integritas ini di buat dengan sesungguhnya, apabila melanggar janji dan komitmen tersebut di atas siap diberhentikan,

“Dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi serta tuntutan ganti rugi dan pidana sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Bupati Mashuri dalam kesempatannya menyampaikan selamat atas dilantik nya empat Rio dalam Kecamatan Pelepat Ilir, hasil Pemilihan Rio serentak pada beberapa waktu yang lalu.

“Saya berharap kepada Datuk Rio, agar bisa mengemban amanah ini dengan baik dengan penuh rasa tanggungjawab. Selain itu, agar bisa melanjutkan kepemimpinan Datuk Rio terdahulu, agar pembangunan di dusun-dusun tercapai,” ujarnya.

Dikatakan, tadi kita mendengar dan menyaksikan secara bersama, bahwa Datuk Rio ini selain membacakan fakta integritas, juga mengucapkan sumpah Al-Qur’an.

“Maka dari itu, kami ingatkan kepada Datuk Rio yang sudah di ambil sumpah Al-qur’an jangan main-main dengan sumpah,” katanya. (Jul)