Mesran Anggota DPR Provinsi Jambi, Dukung Tebo Sentra Penghasil Kambing

Bazar dan Kontes Kambing di Desa Sidorukun Kec.Rimbo Ulu Kab.Tebo. Foto : Amir Said

SIDAKPOST.ID, TEBO – Anggota DPRD provinsi Jambi dari Fraksi PDI Perjuangan dapil Bungo dan Tebo, Ir. Mesran sangat mendukung sepenuhnya, Desa Sidorukun Kecamatan Rimbo Ulu dijadikan Sentra penghasil ternak kambing di Kabupaten Tebo.

Dijadikan kecamatan Rimbo Ulu sentra penghasil kambing terbesar di kabupaten Tebo sangat mendasar. Pasalnya, ada 19 kelompok tani (poktan) yang tersebar di Kecamatan Rimbo Ulu dan Rimbo Bujang membudidayakan ternak Kambing jenis PE dan Rambo.

Awalnya ada sekitar 476 ekor Kambing bantuan dari pemerintah 19 Poktan ini yang dipelopori oleh Mesran sejak tahun 2019 dan populasi kambing ini cukup tinggi, hingga tahun 2021 jumlah kambing berkembang menjadi 876 ekor.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mesran dalam sambutannya pada momen Bazar dan kontes Kambing, bertempat di Desa Sidorukun Kecamatan Rimbo Ulu, Selasa (9/08/2022).

Pj Bupati Tebo H.Aspan.ST, Dinas TPHP Provinsi Jambi, Kadis Peternakan Tebo Casdari Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Tebo, Camat Rimbo Ulu dan Camat Rimbo Bujang, Para Kades, Para Poktan dan Undangan lainnya.

Mesran juga mengatakan, dirinya mengapresiasi kepada Poktan yang dengan semangat dan profesional memelihara ternak Kambingnya.

Ia juga memohon kepada Pemprov Jambi dan Pemerintah pusat untuk dapat menambah jumlah bantuan ternak Kambing, dan dapat membantu Jonder untuk mengolah lahan pertanian serta membangun Pasar Hewan di Rimbo Ulu.

“Kepada masyarakat guna mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional, mari kita manfaatkan lahan kosong untuk ditanami palawija maupun tanaman sayuran,”kata Mesran.

Pj Bupati Tebo H.Aspan membuka Bazar dan Kontes Kambing menuturkan, pihaknya sangat setuju dan akan mengusulkan kepada Gebernur Jambi Dr Al Haris agar Desa Sidorukun Rimbo Ulu untuk di jadikan Pusat Pasar Hewan dan Sentra penghasil Ternak Kambing terbesar di Kabupaten Tebo.

“Saya terus melobi memperjuangkan ke pemprov Jambi dan pemerintah pusat, untuk membantu bidang peternakan dan Sarana atau Alat untuk mengolah lahan pertanian Poktan atau masyarakat,”tutup Pj Bupati. (asa)