Webinar LIDIG Bungo Ke-8 Angkat Tema Cara Cerdas Berantas Hoax & Hate Speech

Dibaca: 243 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Siber Kreasi kembali menggelar event webinar literasi digital di Kabupaten Bungo. Sabtu 7 Agustus 2021. Webinar Literasi Digital ini makin diminati semua kalangan di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Tidak hanya generasi muda, semua kalangan usia dan profesi tanpak bergabung di webinar ke 8 yang di selenggarakan tim Literasi Digital Kominfo RI di Bungo ini.

Tema webinar kali ini yakni. Cara Cerdas Berantas Hoax & Hate Speech. Webinar kali ini kembali di isi oleh 4 pembicara, diantaranya dua pembicara nasional, Ika Meilani Untari. S.Si. (Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik. Harry Sanjaya S. Sos M. Si (Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik Diskominfotik).

Dalam penyampaiannya, pemateri pertama Ika Meilani Untari. S.Si menyampaikan. Skil dalam pemanfaatan media digital sangatlah penting agar pengguna dapat mengoperasikan secara efektif serta produktif, bukan malah sebaliknya. Kemampuan penggunaan media digital dimanfaatkan untuk menyebarkan hoax dan ujaran kebencian.
Sementara narasumber ke dua, Harry Sanjaya S. Sos M. Si. Keamanan digital penting untuk di pelajari di tengah perkembangan tekhnologi yang makin canggih. Jika tidak ingin menjadi korban di dunia digital, kehati-hatian dan kemampuan mengamati menjadi kunci pertama dalam pengamanan diri di dunia digital.

Beranjak ke pemateri lokal di mana di isi oleh dua narasumber muda, diantaranya. Diana Oktavia, S.Pd,. M.A (Sekretaris Prodi PBI STKIP Muhammadiyah MB)4. Yasin Abdul Haq (Penggiat Media Sosial). Kedua pemateri ini mebahas tentang etika digital dan budaya digital.

Pemateri ke tiga, Diana Oktavia, S.Pd,. M.A mengatakan, kebebasan bermedia social tidak lantas menjadi seseorang bebas dalam berekpresi. Cerdas dalam bermedia social tetap dengan mengedepankan etika bermedia digital. Seseorang harus memiliki kemampuan untuk menyaring informasi agar tidak termakan informasi hoax serta ujaran kebencian.

Narasumber ke empat, Yasin Abdul Haq mengatakan. Generasi muda hendaknya dapat menjadi benteng pertama dalam melawan hoax dan ujaran kebencian. Agar generasi muda cakap dalam bermedia social, tentu harus mengasah pengetahuan serta terus membaca agar mampu menyaring informasi yang beredar.

Webinar kali ini di moderatori oleh Guntur Eka Saputra dan Key Opinion Leader @dieva_ipeh (Designer). Tim Literasi Digital Kabupaten Bungo akan Kembali menggelar Webinar Literasi Digital pada 12 Agustus 2021. Untuk kegiatan webinar 12 Agustus, panitia mengangkat tema tentang “Digitalisasi UMKM, Bangkit Menjemput Cuan”.

Menurut Akhmad Ramadhan Koordinator Literasi Digital Kabupaten Bungo, perkembangan tekhnologi, khususnya di dunia perekonomian terus berkembang. Kesempatan besar untuk pelaku UMKM maupun mahasiswa atau masyarakat pedesaan yang ingin produknya go Nasional ataupun Internasional dengan memanfaatkan perkembangan tekhnologi. UMKM bisa dengan mudah, cepat menjual produk dari mana saja dengan salah satu diantaranya membuka toko online di marketplace maupun di media digital lainnya.

Untuk mengikuti webinar selanjutnya, pelaku UMKM, Mahasisa maupun masyarakat umum dapat mendaftar terlebih dahulu di link di bawah. Webinar ini di selenggarakan gratis dan peserta akan mendapatkan E-Sertifikat dari Kemenkominfo RI.

Daftar Webinar LIDIG Bungo 12 Agustus 2021, klik link di bawah :
https://s.id/lidigbungo12agustus

Reporter : Zakaria

ADVERTISEMENT