Gapura Makam Keramat Teluk Kuali, Lestarikan Petilasan Syekh Sakti

Dibaca: 2.333 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Merupakan legenda cerita rakyat al kisah atau hikayat sosok ulama besar dan sakti mandraguna pada zamannya, yaitu Syekh H.Ahmad yang datang dari Cirebon Pulau Jawa pada abad ke 13 yang silam. Petilasan atau Makam Keramat Syekh H.Ahmad berada di Sungai Macang, Desa Teluk Kuali Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo -Jambi.

Sekelumit hikayat atau cerita rakyat tentang Ulama besar Syekh H.Ahmad selain ikut menyebarkan Syiar Islam beliu juga dikenal Sakti Mandraguna, juga Syekh ini sosok dermawan dan suka menolong orang yang dalam kesusahan.

Untuk melestarikan petilasan makam keramat Syeh H.Ahmad Sakti Sungai Macang ini, selaku inisiator sekaligus tokoh masyarakat Teluk Kuali Tebo Ulu M.Husni menggalang dana dari warga Teluk Kuali yang berada di dusun juga berada di perantauan,guna menyisihkan sedikit rezekinya membantu membuat Gapura Makam Keramat Syekh H.Ahmad Sungai Macang.

M.Husni saat dibincangi sidakpost.id menuturkan, pihaknya membenarkan kini sudah rampung atau siap pengerjaan Gapura Makam Keramat Sungai Macang Desa Teluk Kuali, yang dibiayai swadaya sumbangsih dari warga Teluk Kuali Tebo Ulu juga yang berada di rantau orang.

Jarak Gapura menuju petilasan makam keramat Syekh H.Ahmad lebih kurang 2 kilometer dan masih jalan tanah, pada setiap harinya petilasan makam ini tetap ramai dikunjungi warga untuk berziarah, mereka datang dari Tebo Ulu maupun Kabupaten Tebo, juga dari luar Kabupaten Tebo.

“Kita lestarikan kearifan lokal diantaranya seperti makam keramat Sungai Macang ini, agar anak cucu nantinya mengetahui adanya petilasan makam keramat ulama besar di Teluk Kuali,”tutur Husni. (asa)

ADVERTISEMENT