Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan, Babinsa dan Warga Gelar Patroli

Babinsa Koptu Poniman bersama warga binaan, melakukan patroli karhutla di Desa Rantau Kembang. Foto : sidakpost.id/Amir. Biro Tebo

SIDAKPOST.ID, TEBO –  Antisipasi terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Babinsa Koptu Poniman Koramil 416 – 07/ Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute gencar patroli lebaran hutan dan lahan (karhutla).

Patroli dan sosialisasi Karhutla digelar di jalan AMD RT 04 Desa Rantau Kembang Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Minggu (9/07/2023).

Babinsa Koptu Poniman melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi rutin karhutla ini sesuai dengan perintah Danramil 416-07/Rimbo Bujang Kapten Inf Agussari, kegiatan patroli ini memantau langsung dititik- titik yang dianggap rawan karhutla.

“Kita menelusuri wilayah perkebunan warga untuk melihat kondisi di lapangan, sebagai antisipasi dalam tindakan pencegahan dari ancaman kebakaran hutan dan lahan,” ujar Koptu Poniman.

Selain patroli karhutla, juga melakukan penyuluhan menyampaikan himbauan kepada warga masyarakat, agar berperan aktif pencegahan kebakaran dengan tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Diingatkan warga jangan membuka lahan pertanian mereka dengan cara dibakar, karena sering terjadinya karhutla akibat membuka lahan dengan cara dibakar.  Ingat pelaku karhutla disanksi kurungan penjara dan denda sejumlah uang,” tegas Poniman.

Kepala Dusun Suroto mengucapkan terima kasih babinsa sudah melakukan patroli dan mengingatkan warga, untuk bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Tidak cuma itu selama ini, Babinsa juga aktif memonitor kamtibmas di Desa Rantau Kembang sehingga situasi aman terkendali,”  pungkas Kadus. (asa)