Serda Wianto, Ajak Generasi Muda Cintai Kesenian Tradisional

Dibaca: 64 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Untuk menjaga dan melestsrikan kesenian tradisional, peninggalan leluhur bangsa Indonesia agar tidak hilang raib tergerus oleh kemajuan zaman yang serba canggih, Babinsa Serda Wianto Koramil 416 – 07/ Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, tak bosan – bosannya mengingatkan dan mengajak kepada elemen masyarakat maupun generasi muda yang ada diwiayah desa binaannya.

Kesenian tradisional atau kesenian nusantara merupakan bagian kebudayaan hasil budi dayanya bangsa indonesia. Tumbuh dan berkembang di daerah sejak dulu hingga turun temurun sampai dengan seksrang.

Biasanya kesenian daerah, selain untuk menghibur rakyat, juga bisa untuk menyampaikan pesan kehidupan bermasyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Babinsa Serda Wianto, pada saat mengunjungi kediaman Ketus Pucut (61) Seniman Kuda Kepang dan Reog sekaligus Pimpinan Paguyuban ” Gembong Bawono Langgeng ” Desa Pulung Rejo Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. Senin (9/7/2019).

Babinsa Serda Wianto lebih jauh menuturkan, kesenian tradisional nusantara peninggalan dan hasil Budi dayanya leluhur bangsa indonesia, harus terus digali dan ditumbuh kembangkan dan diperkenalkan pada generasi muda. Sehingga pada gilirannya nanti para generasi muda Cinta pada kesenian dan kebudayaannya sendiri.

“Kesenian tradisional nusantara yang sifatnya komunikatif bisa untuk menyampaikan pesan pembangunan dan media hiburan rakyat perlu kita lestarikan, untuk menangkal budaya asing yang tidak sesuai dengan norma bangsa Indonesia,” tutur Babinsa Serda Wianto.

Ketus Purut pimpinan Paguyuban Gembong Bawono Langgeng Desa Pulung Rejo menyebutkan, menurutnya Kuda Kepang dan Reog Ponorogo yang berasaldari Pulau Jawa, mencerminkan epos kepahlawanan. Seperti Satria dan Srikandi gagah berani menunggang kuda dan Barongan diibaratkan lambang keangkara murkaan.

“Kesenian Kuda Kepang dan Reog Ponorogo ini sering tampil dihajatan warga maupun pada acara kemeriahan desa atau acara pemerintah, terima kasih kepada Bapak Babinsa atas kunjungan dan motivasinya untuk Paguyuban ini, ” tutup Ketus Purut. (asa)

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT