Babinsa Kopda Zahrudin, Hadiri Pembukaan Lubuk Larangan

Dibaca: 43 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Babinsa Koramil 416-01 Rantau Pandan, Koptu Zahrudin mengadari acara pembukaan lubuk larangan di sungai batang bungo, Dusun Rantau Duku, Kecamatan Rantau Pandan, Minggu (9/06/2019).

Koptu Zahrudin mengatakan, kegiatan pada hari ini serangkaian dari acara lebaran idul fitri 1440 H. Karena momen lebaran pihak dusun langsung membuka lubuk larangan yang dibuka satu tahun sekali.

“Selama ini lubuk larangan tersebut memang sangat dijaga oleh seluruh masyaramat dan tokoh adat serta perangakat dusun. Siapa saja yang sengaja mengambil ikan tanpa izin dari pihak dusun maka dikenakan denda adat,” kata Koptu Zahrudin.

Disela pembukaan lubuk larang tadi sekaligus memberi mejalankan komunikasi sosial terkait karhutla, karena sekarang sudah masuk musim kemarau jadi dihimbau masyarakat jangan ada yang membuka lahan dengan cara dibakar.

“Sekarang kan sudah H + 4 lebaran jadi sebagian masyarakat sudah ada yang beraktifitas. Kami tak henti-henti untuk mengingatkan masyarakat agat tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” katanya. (red)

ADVERTISEMENT






























ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT