Gagal Panen, Poktan Bulian Jaya Pulau Temiang Tak Mau Lagi Tanam Padi

Dibaca: 210 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Kelompok Tani (Poktan) Bulian Jaya Kelurahan Pulau Temiang Kecamatan Tebo Ulu Kabupaten Tebo pada musim tanam padi tahun 2017, mengalami kelesuan dan kerugian akibat gagal panen.

Lahan persawahan seluas 7 hektar lebih milik Kelompok Tani ini yang ditanami padi, mengalami gagal panen total atau fusso akibat di serang hama wereng dan tikus.

Usaha yang dilakukan oleh Kelompok Tani Bulian Jaya dengan menyempot hama wereng menggunakan Insektisida (Racun Hama-red), namun tidak bisa membawa hasil dan hama wereng maupun tikus Semakin mengganas merusak seluruh tanaman padi milik Poktan Bulian Jaya.

Ketua Kelompok Tani Bulian Jaya, Isa
Kepada sidakpost.id, jumat (9/6) menyebutkan, tanaman padi seluas 7 hektar lebih milik Poktan Bulian Jaya di serang Hama wereng dan tikus akibatnya gagal panen total alias fuso. “Beber ketua Poktan Isa.

Dikatakannya, lahan pertanian sawah milik Poktan Bulian Jaya menurut ahli Tanahnya mengandung Zat asam cukup tinggi. Padahal warga sangat berharap menanam padi hsilnya untuk menopang ekonomi kelurga, mengingat hsil menyadap karet selama ini tidak mencukupi kebutuhan keluarga.

”Kalau saja pemerintah melalui
Instansi terkait bisa mengatasi kandungan zat asam dan memberantas hama di areal Tanaman Padi Poktan Bulian Jaya, ya kejadiannya tidak sampai Poso. Dengan kejadian ini kami enggan turun kesawah lagi menanam padi,”Pungkas Isa.

Sementara itu, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Tebo, belum dapat dikonfirmasi hingga berita ini diterbitkan. (tim)

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*