Usai Panen, Babinsa Koptu Khodri Bantu Rontokan Padi di Tengah Sawah

Dibaca: 69 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Untuk mendukung program pemerintah Babinsa Koptu Khodri dari Koramil 416- 06/Muara Bungo. Tiada henti-henti melakukan pendampingan kepada petani di wilayah binaannya.

Seperti Upaya Khusus (Upsus) yang dilakukan Babinsa Koptu Khodri, membantu kelompok tani Parit Jaya, dalam memanen padi wilayah binaan Dusun Sungai Arang, Kecamatan Bungo Dani, (9/5/2019).

Terlihat Koptu Khodri bukan sekedar memanen saja, namun dirinya juga ikut merontokkan buah padi dengan alat yang ada di tengah sawah yang diketuai bapak Sofyan.

“Hari ini, saya sengaja mendampingi kelompok tani Parit Jaya dalam memanen padi, setelah dipanen padi tersebut langsung dirontokan pakai mesin. Dengan seperti ini, beban para petani jadi ringan dan padi yang sudah dirontokkan dibawa pulang ke rumah,” ungkap Koptu Khodri.

Kata dia, setelah sawah dipanen patani disaran untuk mengolah kembali sawah. Dengan seperti itu, lahan patani akan terus berpungsi karena tidak pernah putus terus turun ke sawah.

“Pendampingan yang kita lakukan meringankan beban petani, serta memberi motivasi kepada mereka agar lebih giat menanam padi, dengan pendampingan ini secara langsung keluhan dan kendala bisa diketahui langsung,”pungkasnya.

Terpisah, ketua kelompok tani Parit Jaya, Syofyan mengatakan, padi yang sudah menguning hampir semua sudah dipanen. Setelah dipanen langsung dirontokan di tengah sawah.

“Kami sangat senang bapak TNI turun langsung membantu kami, memang selama ini selalu ikut berperan aktif membantu para petani yang ada di dusun kami. Terima kasih bapak Babinsa,” kata Syofyan. (zek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT




ADVERTISEMENT