Sertu Heri Koramil 416-07/RB, Motivasi Pengrajin Anyaman Piring Limbah Sawit

Babinsa Sertu Heri Suseno menunjukkan Piring Anyaman lidi limbah sawit, hasil buatan isterinya. Kamis (8/12). Foto : sidakpost.id/Amir. Biro

SIDAKPOST.ID, TEBO – Bidang peranan wanita harus ditumbuh kembangkan di pedesaan, home industri atau industri rumah tangga pada umumnya adalah unit-unit usaha yang sifatnya lebih tradisional, seperti kerajinan tangan yang bahan bakunya berasal dari limbah yang mudah didapatkan di sekelilingnya masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh ibu Parni Suseno yang merupakan isteri Babinsa Sertu Heri Suseno Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, menekuni Kerajinan tangan Anyaman Piring yang bahan bakunya dari lidi limbah kelapa sawit yang ada di sekeliling tempat tinggal warga.

Ibu Parni Suseno yang tinggal di jalan
Kapas RT 001 RW 002 Desa Sari Mulya Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo dikonfirmasi mengatakan, bahwa dirinya sudah ada 8 bulan ini menggeluti kerajinan tangan berupa Piring anyaman
dari lidi batang kelapa sawit.

Hasil Piring Anyaman lidi kelapa sawit
buatan Ibu Parni Suseno banyak peminat dan pemesannya, dijual dengan harga bervariasi tergantung ukurannya diantaranya Rp 80 – 90 ribu per lusin sudah dipernis, sedangkan kalau polos tanpa pernis Rp 60 ribu per lusin.

“Bahan bakunya dari limbah sawit mudah didapatkan, Alhamdulillah hasilnya cukup lumayan buat menambah ekonomi keluarga,” ungkap Ibu Parni Suseno, yang juga anggota Persit Kartika Candra Kirana.

Babinsa Sertu Heri Suseno sangat mendukung dan mensuport usaha kerajinan tangan isterinya, dengan memanfaatkan waktu untuk berkarya membuat kerajinan tangan dari limbah sawit.

“Semoga usaha dari seorang isteri Babinsa ini dapat memotivasi ibu – ibu rumah tangga lainnya, untuk mencari kesibukan dengan berkarya nyata yang positif dan produktif,” ujar Babinsa Sertu Heri Suseno, Kamis (08/12/2022). (asa)