Bea Cukai Jambi Gagalkan Penyeludupan Obat Tanpa Izin Edar

Ini barang bukti obat obatan tanpa izin yang diamankan oleh Bea Cukai Provinsi Jambi. Selasa (8/11). Foto : sidakpost.id/Ratna. Biro Jambi

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Usaha Penyelundupan ribuan obat-obatan tanpa izin berhasil digagalkan Tim Bea Cukai Jambi bersama dengan BPOM Jambi.

Ribuan obat tanpa izin edar ini disita dari salah satu tempat jasa pengiriman barang di Kota Jambi pada Rabu 2 November 2022 lalu.

Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Jambi, Edy Tri mengatakan pihaknya berhasil melakukan penindakan terhadap pengiriman paket diduga berisi barang ilegal menindaklanjuti informasi dari masyarakat.

Ternyata, setelah diperiksa terdapat obat-obatan tanpa izin edar jenis Trihexyphenidyl.

“Dari hasil pemeriksaan didapati 1041 butir obat tanpa izin edar dan langsung kita amankan,” ujarnya pda Senin 7 November 2022.

Kemudian, Bea Cukai Jambi berkoordinasi dengan BPOM Provinsi Jambi untuk menindaklanjuti sesuai dengan proses hukum yang berlaku.

Setelah itu, barang bukti obat tanpa izin edar tersebut diamankan di BPOM Provinsi Jambi.

Edy menambahkan dengan adanya dukungan dan partisipasi aktif masyarakat dalam memberantas peredaran barang yang ilegal dan berbahaya serta melanggar ketentuan perundang-undangan di bidang kepabeanan dan cukai sangat membantu Bea Cukai Jambi dalam memberantas peredarannya.

Bea Cukai Jambi juga aktif berpatroli untuk mengidentifikasi adanya peredaran barang ilegal di Provinsi Jambi.

“Kita menghimbau untuk dapat melaporkan kepada Kantor Bea Cukai terdekat apabila menemukan adanya indikasi peredaran barang ilegal dan berbahaya di sekitar masyarakat,” tandasnya. (rsa)