Piala Juara I Lomba Binter Kodim Tipe A Tingkat TNI AD 2021 Diarak Keliling Kota Jambi

Dibaca: 178 kali

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Piala Juara Pertama Lomba Binter Kodim Tipe A tingkat TNI AD tahun 2021 yang diterima Kodim 0415/Jambi beberapa hari lalu, diarak sepanjang pusat Kota Jambi dari Bandara Sulthan Thaha Jambi hingga Kantor Walikota Jambi, Senin (8/11/2021) sekira pukul 10.00 WIB.

Arak-arakan layaknya mendapatkan piala Adipura ini. Dilakukan karena perdana Kodim 0415/Jambi Korem 042/ Gapu sejak naik status Kodim Tipe A mendapatkannya. Namun sebelumnya, Tahun 2017, pernah menjadi juara Pertama pada Lomba Binter Kodim Utama Tingkat Pusat, ungkap Pasiter Kodim 0415/Jambi Mayor Inf Beni kepada awak media.

Menurut Beni, untuk mendapat predikat juara I itu tidaklah mudah, karena selama penilaian lomba, kita lalui tahapan seleksi panjang dan verifikasi ketat dari seluruh Kodim se-Indonesia. Kodim 0415/Jambi sendiri mewakili Kodam II/Sriwijaya.

Dalam arak-arakan tersebut diikuti langsung oleh Danrem 042/Gapu, Kasiter Kasrem 042/Gapu, Dandim 0415/Jambi bersama para Danramil jajaran Kodim 0415/Jambi dan sepanjang jalan yang dilintasi piala juara pertama Lomba Binter Kodim Tipe A tingkat Pusat TA 2021 tersebut diiringi oleh Kendaraan Patwal, Kendaraan Babinsa dan Bhabinkatibmas, Komunitas N-Max, Kendaraan Jeep pembawa piala, Komunitas Fortuner, Komunitas Pajero Sport, Komunitas Jimny serta Komunitas King ARMY. Mereka antusias mengiringi kedatangan piala tersebut. Karena menjadi kebanggaan warga tiga Kabupaten/Kota.

Setibanya di kantor Walikota Jambi, Piala Lomba Binter Kodim Tipe A Tingkat Pusat TA. 2021 disambut oleh Walikota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, S.E., M.E. bersama Forkopimda, Ketua Lembaga Masyarakat Adat, OPD terkait, Camat, Kapolsek dan Danramil se Kota Jambi.

Walikota Jambi mengatakan bahwa mendapatkan piala penghargaan ini tidak mudah, karena harus bersaing dengan Kodim lainnya se-Indonesia. Dengan memperlombakan inovasi dan terobosan yang dilakukan bagi masyarakat.

“Ini perdana Kodim 0415/Jambi mendapatkannya sejak Kodim berstatus Kodim Tipe A. Ini perjuangan seluruh prajurit TNI Kodim 0415/Jambi, Pemerintah Daerah dan stakeholder serta seluruh komponen pembangunan di tiga wilayah. Sehingga, tadi kita sambut di bandara dan kita arak sebagai apresiasi bahwa kita bersaing dan berkompetisi ditingkat luar dengan tekad serta inovasi yang telah diperbuat dan diterapkan di masyarakat,” jelas Walikota.

Pemkot Jambi dan seluruh masyarakat memberikan apresiasi luar biasa kepada Kodim 0415/Jambi dan para prajurit TNI AD yang telah memboyong piala juara pertama Lomba Binter Kodim Tipe A.

“Ini wujud kebersamaan yang kita lakukan untuk dapat berkompetisi tidak hanya tingkat daerah, tetapi provinsi dan nasional. Kita mampu bersaing dan terbukti dengan berhasilnya Kodim 0415/Jambi meraih penghargaan Lomba Binter Juara Pertama. Saya ucapkan selamat kepada Kodim 0415/Jambi pertahankan dan dapat maju ke kompetisi berikutnya,” kata Fasya.

Sedangkan, Dandim 0415/Jambi, Kolonel Czi Sriyanto, M.I.R., M.A mengatakan dirinya secara institusi dan pribadi mengucapkan terima kasih kepada Komando atas yakni Kodam II/Sriwijaya dan Korem 042/Gapu membantu dan memberika suport besar kepada jajaran Kodim 0415/Jambi.

“Saya juga terima kasih kepada Pemkot Jambi bersama instansi pemerintah terkait lainnya, tokoh masyarakat, agama dan pemuda. Tidak hanya itu doa para KBT, organisasi kemasyarakatan binaan Kodim 0415/Jambi. Suport yang diberikan menorehkan prestasi besar bagi Kodim 0415/Jambi. Piala ini milik Kita bersama, hari ini Kami inapkan piala juara satu lomba Binter ini, dan mungkin setelah satu bulan akan kami inapkan ke wilayah Kabupaten Batanghari maupun Kabupaten Muaro Jambi, inilah salah satu wujud sinergi Kita semua, sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada Walikota Jambi yang sudah berkenan untuk mendukung kegiatan Lomba Pembinaan Teritorial Kodim Tipe A tingkat Pusat hingga mendapat Juara, artinya Sinergi antara Kodim, Pemkot Jambi dan Polresta Jambi serta semua stakhoder yang ada sudah Bagus.

Danrem juga menambahkan bahwa sebenarnya yang berhak mendapat piala ini adalah Kolonel J Hadiyanto, tetapi karena Beliau sudah mutasi jabatan ke Paspampres sehingga yang menggantikan beliaulah yakni Kolonel Srianto yang menerimanya.

“Terkait Vaksinasi pandemi Covid 19, Danrem mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Jambi yang bersinergi dengan Kodim 0415/Jambi maupun Polresta Jambi yang sudah membantu melaksanakan vaksinasi bagi warga. Termasuk juga dalam membantu pencegahan Karhutla,”tandasnya.

Acara seremonial penyerahan Piala Lomba Binter selesai, dilanjutkan dengan acara tambahan Photo bersama dan Ramah tamah dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan ketat. (**/zek)

ADVERTISEMENT