Babinsa Serda Agus Nawanto, Sambangi Pembibitan Durian Montong

Dibaca: 188 kali

SIAKPOST.ID, TEBO -Babinsa Serda Agus Nawanto Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, menyambangi lokasi pembibitan pohon durian montong, bertempat di jalan Serayu Desa Wanareja Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo.Jumat (8/11/2019).

Pemilik pembibitan pohon durian montong di Jalan Serayu Ipung menyambut dengan senang hati kedatangan Babinsa Desa Wanareja, dengan penuh keramahan Ipung menunjukkan cara menstek pohon durian montong berkaki tiga ditempat pembibitan yang selama ini ditekuninya.

Babinsa Serda Agus Nawanto sangat mendukung usaha Ipung dengan pembibitan pohon durian montong, yang sangat prosfek kedepannya untuk penghasilan menambah perekonomian masyarakat yang ikut membudidayakan tanaman pohon durian montong yang sangat terkenal ini.

“Kepada warga yang memiliki lahan terlantar bisa ditanami dengan pohon durian montong, yang hasilnya dapat untuk menambah ekonomi keluarga, “tutur Babinsa Serda Agus Nawanto.

Ipung pemilik pembibitan pohon durian montong menjelaskan cara Stek pohon durian berkaki yiga sederhana dan mudah dan pertama kali ditemukan dan dikembangkan di Thailand, tujuan utama penyambungan ini supaya bisa menyelamatkan pertumbuhan bibit dari pembusukan akar.

Manfaat lainnya juga sangat banyak antara lain akar makin kuat dan luas sehingga bisa memberi nutrisi dan suplai yang bagus untuk batang utama.

“Stek berkaki tiga dianggap bisa meningkatkan sistem gerak yang akhirnya rasa buah semakin lezat dan manis. Karena perakaran yang disambung dari jenis pohon berbeda namun masih dalam satu famili,” jelas Ipung.

Diketahui pembibitan pohon durian Montong Milik Ipung sudah cukup dikenal, harganya dijual bervariasi dari harga Rp 100 ribu sampai dengan Rp 250 ribu perbatang.

Durian Montong ini dengan masa tanam 3,5 tahun sudah mulai berbuah, satu buah durian montong dengan berat 4 hingga 5 kg per buah. bijinya kecil warnanya kuning rasanyapun manis. (asa)

ADVERTISEMENT





ADVERTISEMENT