Pemdes Lubuk Benteng Gelar Pelatihan KPMD

Dibaca: 126 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Pemerintah Desa Lubuk Benteng, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo menggelar kegiatan pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD). Pelatihan dilakukan di aulah kantor Desa Lubuk Benteng, Kamis (8/11/2018).

Diadakannya kegiatan pelatihan KPMD bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para kader dalam mendorong partisipasi peran aktif dan gotong royong masyarakat dalam proses pembangunan desa. Acara pelatihan ini dibuka oleh Camat Tebo Ulu Firdaus Syukur S,Pdi.

Hadir dalam cara pelatihan, Kades Lubuk Benteng, Camat Tebo Ulu, perangkat Desa Lubuk Benteng, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Kades Lubuk Benteng M Yusuf, mengucapkan terimah kasih kepada narasumber yang telah memberikan pelatihan ke Desa Lubuk Benteng.

“Dasar pelatihan ini sebagai inflementasi yang dituangkan dalam Menteri Desa dengan tujuan mendorong partisipasi gotong royong masyarakat untuk terlibat aktif dalam proses pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan sehingga pengendaliannya,” ujar Kepala Desa Lubuk Benteng.

Kades M Yusuf juga menekankan agar para kader KPMD harus fokus dalam menyerap setiap ilmu yang diberikan oleh narasumber.

Hal senada juga diutarakan Camat Tebo Ulu, Firdaus Syukur. Dalam pembukaanya, Camat Tebo Ulu menyampaikan apresiasi atas semangat para kader dalam mengikuti pelatihan.

“Harapan saya semua peserta pelatihan dapat menyerap semua ilmu yang diberikan narasumber,” ujar Firdaus Syukur.

Camat menambahkan, pembangunan desa tidak hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur saja, akan tetapi juga harus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa. Sehingga dari membangun desa bisa meningkat menjadi desa membangun.

Dalam arahan narasumber dari pendamping desa Kabupaten Tebo, Heri Susanto mengatakan pemberdayaan masyarakat secara umum dapat diartikan sebagai suatu proses yang membangun manusia atau masyarakat melalui pengembangan kemampuan masyarakat, perubahan perilaku masyarakat,dan pengorganisasian masyarakat.

Lanjutnya, KPMD bertujuan untuk mendorong partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam proses pembangunan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengendaliannya dalam rangka melakukan pendampingan implementasi UU No 6 tentang Desa. (nwr)

ADVERTISEMENT


Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*