Babinsa Rex Harmodi, Ajak Generasi Muda Lestarikan Kesenian Tradisional

istimewa

SIDAKPOST.ID, TEBO – Babinsa Sertu Rex Harmodi Koramil 416 – 07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute, menyambangi Sekretariat Sanggar Seni Laras Iromo, di Balai Desa Giri Purno Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo, Selasa (8/10/2019).

Sanggar Seni Laras Iromo dipimpin oleh Kades Giri Purno Sumardi dan Pelatihnya Sagimin, Sanggar Seni ini menampung atau menerima pemuda – pemudi maupun pelajar yang berminat untuk mempelajari Seni Karawitan dilatih di Sanggar ini.

Babinsa Desa Giri Purno Sertu Rex Harmodi mengatakan, membenarkan dirinya menyambangi Sanggar Seni Laras Iromo untuk memberikan motivasi dan semangat kepada generasi muda maupun pelajar yang berlatih Seni Karawitan.

” Kepada generasi muda mari kita lestarikan kesenian tradisional atau kebudayaan nusantara Sabang sampai Marauke, untuk menangkal kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan norma kehidupan bangsa Indonesia,” tutur Babinsa Sertu Rex Harmodi.

Sementara itu Sagimin Pelatih Karawitan Sanggar Seni Laras Iromo menjelaskan, bahwa Karawitan adalah seni musik tradisional Jawa dengan peralatan yang lengkap dan telah berkembang secara turun-temurun sesuai dengan perkembangan Zaman dan tidak meninggalkan keasliannya. Perangkat peralatan musik tradisional ini disebut Gamelan, yang terdiri dari bermacam-macam alat atau ricikan.

“Pada umumnya gamelan terdiri dari alat musik bonang barung, bonang, penerus, slenthem, demung, saron, peking, gender barung, gender, penerus, gambang, kempul/ gong, kenong, kendang, suling, rebab dan siter,” jelas Pelatih Sagimin. (asa)