Bupati Bungo, Panen Cabe Merah di Sungai Arang

Dibaca: 149 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Bupati Bungo H.Mashuri, bersama Dinas Tanaman Pangan Hultikultural dan Perkebunan (TPHPBun), melakukan panen cabe merah di Desa Sungai Arang, Kecamatan Bungo Dani, Senin (8/10/2018).

Dalam sambutannya H. Mashuri mengatakan pertanian cabe ini bisa menjadi peralihan dan sumber pendapatan masyarakat saat ini. Hal ini mengingat harga sawit dan karet yang tidak kunjung membaik.

“Saat ini petani kita masih banyak yang bergantung pada sawit dan karet. Kalo tidak diimbangi dengan bertani holtikultural susah juga, penghasilan tinggi tapi harga kebutuhan juga tinggi jika kita terus bergantung dari daerah luar ,” ungkap Bupati H. Mashuri.

Dikatakan Mashuri, Pemerintah Kabupaten Bungo akan selalu mendukung dan membantu masyarakat dalam bertani. Sebagai bentuk bantuan, pemerintah akan memberikan bantuan bibit dan juga obat – obatan pertanian.

“Manfaatkan Potensi- potensi yang ada disetiap dusun, Pemerintah Kabupaten akan selalu mendukung dan membantu, mulai dari pra tanam hingga panen ,” sebutnnya.

Sementar itu, M.Hasbi Kepala Dinas TPHBun, Kabupaten bungo mengatakan Dusun Sungai Arang memiliki potensi lahan untuk ditanami cabai. Menurutnya saat ini masih ada sekitar 15 hektar lahan yang bisa dimanfaatkan.

“Seperti kita lihat bahwa hamparan cabe ini seluas 1 hektar dan sekitar 14.000 batang, kalau kita alokasikan produksi 6 hektar petani memperoleh kalau dengan 6 hektar ini bermodal awal sekitar Rp.60 juta ,” ungkap M.hasbi.

Hasbi mengatakan dalam panen raya ini Dinas TPHBun juga memberikan bantuan yang sebelumnya sudah diajukan oleh kelompok tani. Bantuan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk memajukan petani.

“Selain kegiatan ini, kita membawa bantuan untuk kelompok tani berupa, bibit sayuran, mulsa 3 ball, bahan obat-obatan dan, peralatan berupa 3 unit pompa air, 3 unit tangki air dan selang sepanjang 300 m ,” sebutnya. (jul)

HUT BUNGO






























































ADVERTISEMENT










Komentar

Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*