Tradisi Ngendum di Desa Pulau Kayu Aro Terus Dilestarikan

Ratusan Orang Mengikuti Tradisi Ngendum di Desa Pulau Kayu Aro di pinggir Sungai. Foto : sidakpost.id/Munawir

SIDAKPOST.ID, MUARO JAMBI – ┬áTradisi Ngendum atau disebut mandi air obat di Desa Pulau Kayu Aro, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi terus dilestarikan. Tradisi Ngendum merupakan budaya khas masyarakat Pulau Kayu Aro setiap tahunnya dilaksanakan di pinggir sungai batanghari, Minggu (7/8/2022).

Sekdes Pulau Kayu Aro Ricky Aresta ketika dikonfirmasi menceritakan, tradisi Ngendum atau mandi air obat selalu melekat di masyarakat.

“Setiap tahun sekali di Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H tradisi Ngendum selalu dilaksanakan tradisi ini peninggalan nenek moyang kita, jadi terus kita dilestarikan,” katanya.

Tradisi adat Ngendum atau mandi air obat di Desa Pulau Kayu Aro, masyarakat terlebih dahulu diawali mandi kembang yang telah dibuat dan diracik oleh orang pintar di Desa Pulau Kayu Aro, setelah itu masyarakat berkumpul bersama mengelar Zikir dan Do’a bersama.

“Jadi Zikir dan Doa bersama bertujuan memohon dan meminta kepada Allah agar seluruh masyarakat Kayu Aro terhindar dari segala macam penyakit, selain itu juga dijauhkan dari segala mala bahaya,” ucap Ricky. (wir)