Pemuda Ini Takjub akan Kemudahan Akses Layanan Mobile JKN

Pemuda Ini Takjub akan Kemudahan Akses Layanan Mobile JKN. Foto : Juliansyah/Jkn

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Ahmad Ramadhoni (27), seorang tenaga honorer di Puskesmas Lubuk Landai, nampak mendatangi Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo yang sedang melakukan kegiatan Pelayanan Desa dan Kecamatan Terpadu (PDKT) pada Senin (25/07).

“Saya kebetulan diinformasikan oleh teman-teman di Puskesmas bahwa hari ini ada kedatangan  BPJS Kesehatan, jadi saya telah siapkan Kartu Keluarga dan NIK saya untuk melakukan perubahan data. Saya baru menikah untuk itu saya perlu melakukan pembaruan data,” cerita Ahmad.

MCS membuka pelayanan jemput bola untuk pendaftaran peserta baru, perubahan data peserta JKN, skrining riwayat kesehatan bahkan juga dapat melakukan pembayaran iuran bertahap pada peserta JKN yang memiliki tunggakan iuran. Tim PDKT yang hadir akan melayani dan membantu peserta jika terkendala dalam mengakses atau mendaftarkan diri pada Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB) pada aplikasi Mobile JKN.

Paham bahwa Program Jaminan Kesehatan Nasional (Program JKN) sangatlah penting, Ahmad dengan sadar dan kooperatif melaporkan data status perkawinannya sehingga sang istri juga memiliki jaminan kesehatan.

“Awalnya saya sudah terdaftar peserta  JKN, namun masih bersama data orang tua. Dengan datangnya pelayanan dari BPJS Kesehatan Cabang Muara Bungo, tentu kesempatan ini tidak mungkin saya lewatkan karena untuk mengurus ini bisa dieksekusi di sini. Saya tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan, doa saya terkabul,” kata Ahmad.

Dengan kemudahan akses layanan yang ditawarkan, Ahmad juga tidak mau ketinggalan. Pada saat mendatangi MCS, Ahmad sekalian minta dipandu dalam mendownload aplikasi Mobile JKN serta fitur-fitur yang dapat ia gunakan secara mandiri seperti perubahan data peserta, antrean online, konsultasi dokter dan program terbaru yaitu REHAB apabila memiliki tunggakan iuran yang ingin dicicil.

“Saya takjub sekali, selain pelayanan datang ke desa ternyata lewat genggaman ponsel pintar kita juga bisa perubahan data mandiri seperti perubahan fasilitas kesehatan. Lalu kita juga bisa mendaftar Program REHAB untuk yang memiliki tunggakan iuran, jadi pembayaran tunggakannya bisa diangsur. Enaknya lagi, kita bisa mengikuti Program REHAB dari Aplikasi Mobile JKN saja. Mudah sekali tentunya,” kata Ahmad terkesima. (Jul)