BKKBN Jambi Berkolaborasi dengan Korem 042/Gapu Percepat Penurunan Stunting

Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Jambi Bertemu Danrem 042/Garuda Putih. Foto : Ratna Sari

SIDAKPOST.ID, JAMBI – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jambi menggelar pertemuan dengan Komando Resor Militer Gapu 042, Senin (8/08/2022). Pertemuan ini dalam rangka Bapak Asuh Anak Stunting.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pencegahan stunting agar pertumbuhan dan perkembangan anak optimal.

Dalam kegiatan ini juga turut hadir Kepala perwakilan BKKBN Jambi Munawar Ibrahim di dampingi Sekretaris Perwakilan BKKBN Jambi, Yudi Hendra Musrizal, koordinator bidang KP PK, Sri Banun Saragih dan koordinator Bidang ADPIN Yuslidar, S.P. Temui Komandan Korem 042/ GAPU Brigjen TNI Supriono, S.IP, MM.

Seperti yang di ketahui bahwa Kepala Satuan Angkatan Darat Bapak Jend. TNI Dr. Dudung Aburrachman, SE., MM. Menjadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) Nasional, yang telah dikukuhkan secara langsung oleh Kepala BKKBN RI, Bapak Hasto Wardoyo.

Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) adalah Platform keterlibatan pemangku kepentingan secara terstruktur dan terukur dalam mempercepat penurunan stunting yang menyasar langsung kepada kelompok sasaran.

“Seperti gayung bersambut sesuai amanah pimpinan TNI AD bahwa TNI menjadi Bapak Asuh anak Stunting ,” ujar Danrem di sela pertemuan dengan Munawar Ibrahim kaper BKKBN Jambi.

Selain itu, Danrem ingin BKKBN memberikan asupan informasi sebagai bekal kepada para Dandim dan Para Babinsa di Kecamatan se Provinsi Jambi tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Beliau juga berkeinginan agar seluruh Dandim menjadi Bapak Asuh Anak Stunting selain mendalami secara detil tentang stunting baik langkah langkah teknis kolaboratif dengan BKKBN sekaligus TPPS Provinsi Jambi.

Pemangku kepentingan yang dimaksud adalah orang perseorangan, masyarakat, akademisi, organisasi profesi, dunia usaha, media massa, organisasi masyarakat sipil, perguruan tinggi, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan mitra pembangunan, yang terkait dengan Percepatan Penurunan Stunting (Pasal 1, Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting).

“Mesipun secara otomatis seluruh Pimpinan TNI AD di masing-masing wilayah menjadi Bapak Asuh Anak Stunting, namun kami berkeinginan untuk mengukuhkan kembali Pak Danrem pada kegiatan BKKBN yang akan dilaksanakan pada minggu ke-III bulan Agustus ini yang insyaAllah juga akan dihadiri Deputi Bidang Dalduk BKKBN RI, ” ujar Munawar Ibrahim

Hal ini bertujuan untuk lebih menggaungkan Program Bapak Asuh Anak Stunting di Provinsi Jambi, agar semakin banyak pihak baik itu pemerintah, dunia usaha, maupun perorangan yang menjadi Bapak Asuh Anak Stunting, sehingga dapat membantu program pemerintah dalam upaya Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Jambi.

“Hal yang paling penting untuk dibahas adalah upaya pertama apa yang akan dilakukan selaku Duta Bapak Asuh Anak Stunting di Provinsi Jambi dan apa upaya-upaya lain yang akan dilaksanakan sebagai agenda intervensi program Bapak Asuh Anak Stunting di Provinsi Jambi,” tutup Munawar Ibrahim. (rsa)