Kominfo RI Gelar Webinar Menuju Desa Cakap Digital di Bungo

Dibaca: 245 kali

SIDAKPOST.ID, BUNGO – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Siber Kreasi kembali menggelar Webinar Literasi Digital. Menuju Indonesia Cakap Digital di Kabupaten Bungo.

Kali ini Webinar mengangkat tema “Menuju Desa Cakap Digital”. Webinar berlangsung sukses, Selasi 6 Juli 2021 dengan di ikuti perangkat desa, BPD dan pendampingan desa di Bungo.

Dalam Webinar kali ini, desa di ajak untuk berfikir kritis dalam menyikapi transpormasi digital di tengah Pandemi, tentunya perangkat desa mesti cakap dalam digitalisasi.

Webinar dimoderatori oleh Lisa Maisyurah dengan Key Opinion Leader
Donikoil. Usai menyanyikan lagu Indonesia raya, moderator mempersilahkan Narasumber pertama Fadli Afriadi S.P., M.M memaparkan materinya. Pemateri yang juga seorang Pembelajar, Trainer, Konsultan dan Entrepreneur.

Narasumber pertama Fadli Afriadi, S.P., M.M menyampaikan, masyarakat desa sebagai pengguna layanan digital harus mempunyai kemampuan dasar untuk mengakses berbagai data layanan yang di sediakan pemerintahan desa ataupun pemerintahan pusat, misalnya membuka website, mengerti apa itu username, password, maupun kegunaan e-mail yang tidak terbatas sebagai alat pengirim pesan elektronik saja.hal ini tentu saja akan memudahkan pemerintahan desa dalam melakukan pelayanan publik secara digital.

Sementara, Edrida Pulungan, M.HI., M.Si narasumber kedua mengatakan. Anak muda milenial juga sangat penting dalam pengembangan teknologi dan budaya di sektor pengembangan pariwisata desa, dengan cara mempunyai visi misi serta pola pikir apa yang akan terjadi di masa depan.

“Connectivity yaitu kemampuan dalam berkomunikasi dan terhubung dalam berbagai bidang,kemudian ketersambungan/berkesinambungan, serta kolaboras yaitu bekerja sama baik dengan masyarakat ataupun pemerintahan,”ucapnya.

Sementara Iman Budisetiawan, S.Hut., M.AP, narasumber ke tiga mengatakan. Terjadinya wabbah covid 19 di tengah- tengah masyarakat desa tidak full berpengaruh dalam pengembangan teknologi berbasis desa. Justru mendorong masyarakat untuk melek terhadap berbagai layanan yang berbasis teknologi.

“Hal ini juga harus disupport oleh pemerintah, misalnya pemerataan jaringan internet atau tower signal sebagai salah satu unsur utama dalam pengembagan teknologi bebrbasis internet,”katanya.

M. Holis, S.Pd.I narasumber ke empat menekankan. Desa yang telah menerapkan sistem layanan digital juga perlu meningkatkan kualitas SDM mereka,hal ini diperlukan untuk melakukan pemeliharaan sistem layanan digital tersebut.

“Webinar di tutup dengan 10 orang penanya yang juga terpilih sebagai peserta yang mendapatkan door prize E-money,”imbuhnya.

Akhmad Ramadhan, Runner Literasi Digital Kabupaten Bungo mengatakan. Webinar ke empat akan kembali di gelar pada 15 Juli 2021. Dengan tema “Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik”. (red)

ADVERTISEMENT