Ops Bina Karuna Siginjai 2021, Polres Tebo Ajak Masyarakat Cegah Karhutla

Dibaca: 237 kali

SIDAKPOST.ID, TEBO – Polres Tebo menggelar Operasi (Ops) Bina Karuna Siginjai Tahun 2021, dalam rangka Ops ini Kasat Binmas AKP Sutikno bersama Anggotanya Bripka MH Siagian, Bripka Gundra, Bripka Afrianto.SH dan Bripda Fajrul melaksanakat giat pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pencegahan hutan dan lahan (karhutla). Bertempat di Desa Mangun Jayo Seberang Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo, Selasa (08/06/2021).

Kapolres Tebo AKBP Gunawan Tri Laksono,SIK melalui Kasat AKP Sutikno dikonfirmasi sidakpost.id menyebutkan,
bahwa Polres Tebo menggelar Ops Bina Karuna Siginjai 2021 dari mulai tanggal
08 Juni sampai dengan 07 Juli 2021 dengan sasaran pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

“Kepada masyarakat agar mengerti dan jangan membuka lahan pertanian dengan cara dibakar, karena dapat menimbulkan kebakaran yang meluas dan fatal merusak lingkungan dan ekosistem lingkungan yang ada,”terang Kasat Binmas AKP Sutikno.

Membuka lahan pertanian dengan cara dibakar, imbuh Ksat Binmas, selain memicu kebakaran yang meluas juga
berdampak menimbulkan Asap ysng dapat merusak kesehatan bagi manusia.

Perbuatan karhutla melanggar pasal 187 UU RI No 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, pelakunya dipidana hukuman penjara selama 15 tahun dan denda Rp 15 miliyar.

“Tak kalah pentingnya pandemi Covid-19 belum berakhir, kepada warga masyarakat tetap pajai masker, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak aman dan hindari kerumunan orang,”pungkas Kasat Binas. (asa)

ADVERTISEMENT